Manfaat dan Khasiat Buah Merah Papua

Status
Not open for further replies.

sisarimerah

New member
Halo semua, di tulisan ini Saya akan menulis mengenai manfaat serta informasi-informasi mengenai buah merah Papua yang ternyata dapat berguna untuk kesehatan tubuh kita loh.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk seluruh member di forum ini.

MENGUPAS INFORMASI BUAH MERAH

Mengutip info dari Wikipedia.org, buah merah adalah buah tradisional yang tumbuh di dataran Irian Jaya atau Papua.

Buah merah Papua ini adalah salah satu tanaman yang dikategorikan ke dalam keluarga pandan-pandanan (famili: Pandanaceae) serta memiliki penamaan latin yaitu Pandanus conoideus.

Buah merah yang lebih terkenal oleh masyarakat Papua dengan sebutan kuansu ini mempunyai ukuran pohon dan buah yang besar. Pohon buah merah tadi bisa mencapai tinggi sekitar 16 meter rata-ratanya. Ditambah juga dengan akar tunjang yang sangat kuat di bawah pohon buah merah ini.

Untuk buah merahnya sendiri, buah ini mempunyai diameter kurang lebih 10-15 centimeter dengan bobot sekitar 2 (dua) hingga 3 (tiga) kg. Lalu ukuran panjang buah merah dapat mencapai kira-kira 50 hingga 55 cm.

Buah merah sendiri inipun diambil namanya berdasarkan warna dari buah merah ketika sudah matang. Buah merah yang sudah matang memiliki kulit dengan warna merah atau marun. Tetapi, ditemukan juga beberapa jenis lainnya yang berwarna coklat atau coklat kekuningan.

Buah ini oleh warga Papua sering dimakan sebagai obat-obatan atau sebagai bahan makanan yang akan disantap ketika sedang diadakan pesta adat Papua.

Lalu, beberapa khasiat buah merah Papua untuk kesehatan tubuh adalah sebagai obat asam urat, obat HIV/AIDS, menyembuhkan osteoporosis, obat stroke atau darah tinggi, pun dapat dipakai untuk mengobati dan mencegah penyakit mata dan untuk memperbesar vitalitas dan kesuburan perempuan.

ZAT YANG TERKANDUNG DALAM BUAH MERAH PAPUA

Salah satu hal yang dapat menyebabkan buah merah ini menjadi terkenal dan sering dibicarakan di masyarakat adalah salah satu penelitian yang dilakukan oleh salah satu dosen dan peneliti di Universitas Cendrawasih (UNCEN) yaitu Dr. Made yang melakukan penelitian dan berhasil menemukan berbagai macam khasiat dan manfaat dari buah merah Papua ini.

Penelitian yang dilakukan Dr. Made ini berawal dari rasa ingin tahu dan pengamatan Dr. Made sendiri yang melihat warga Papua, terutama yang berasal dari Wamena, Timika, dan wilayah desa-desa di kawasan pegunungan Jayawijaya yang memiliki stamina tinggi serta postur tubuh yang kekar.

Dan nyatanya, warga-warga tersebut memang mengonsumsi buah ini dalam aktivitas hariannya. Hal itu yang membuat Dr. Made tertarik untuk melakukan penelitian untuk membuktikan apakah ada hubungan konsumsi buah merah dengan meningkatnya stamina dan juga ukuran tubuh yang besar plus bugar.

Dan ternyata, memang benar buah merah Papua memiliki kandungan beberapa antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Antioksidan tersebut ialah karoten (sebesar 12.000 ppm), tokoferol (sebesar 11.000), dan betakaroten (sebesar 700 ppm).

Selain itu, pada buah ini juga ditemukan zat lain seperti Omega 3, Omega 9, asam linoleat, asam oleat, dan kandungan dekanoat yang bagus untuk memperbaiki daya tahan serta untuk menangkal zat radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

Khasiat BUAH MERAH

Kemudian, apa saja manfaat buah merah papua untuk kesehatan tubuh? Berikut merupakan daftar 3 khasiat buah merah Papua yang digunakan untuk kesehatan tubuh manusia.

1. DIGUNAKAN SEBAGAI OBAT penyakit kanker juga penyakit tumor

Buah merah pun bisa digunakan jadi obat untuk mengobati kanker dan juga tumor ringan. Hal itu dikarenakan kandungan tokoferol serta betakaroten yang tinggi di dalam buah ini bisa berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh.

Tokoferol dan betakaroten ini yang nantinya dapat menaikkan sistem kekebalan tubuh kita sehingga bisa mencegah serta menghambat menyebarnya sel-sel kanker.

Tapi, selain memakan buah merah ini diperlukan hal-hal lain seperti kemoterapi lanjutan maupun operasi untuk pasien yang sudah terkena kanker dan penyakit tumor ini dalam tahapan yang lebih lanjut.

2. Berkhasiat SEBAGAI OBAT HIV AIDS

Ternyata, buah merah juga sering dijadikan oleh orang sebagai obat HIV dan AIDS. Dan hal ini sudah terbukti dari banyaknya orang yang mencari sari buah merah Papua, terutama sari/minyak buah merah yang sudah terbukti bisa mengurangi sakit yang diakibatkan virus HIV.

Meski begitu, selain mengonsumsi sari buah merah Papua para orang dengan HIV AIDS tetap harus mengonsumsi ARV (Anti Retro Viral) agar sistem kekebalan tubuh bisa tetap terjaga juga.

3. BERKhASIAT SEBAGAI OBAT PENYAKIT

Khasiat yang terakhir dari buah merah Papua ini ialah untuk mengobati asam urat. Jadi, asam urat bisa muncul dikarenakan adanya gangguan-gangguan pada fungsi kerja liver yang menyebabkan produksi asam urat secara berlebihan.

Karena adanya asam urat yang banyak (berlebih) mengakibatkan asam urat ini menumpuk/mengumpul serta mengendap di daerah persendian tubuh. Hal tersebut yang membuat bagian sendi-sendi untuk orang yang mempunyai asam urat akan sakit.

Kemudian dengan mengonsumsi sari buah merah, zat tokoferol dapat membantu untuk mengencerkan darah dan juga untuk memperbaiki fungsi dan kerja dari organ hati. Sehingga produksi asam urat akan jadi normal kembali.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan kita senantiasa dianugerahkan nikmat kesehatan hingga tua nanti.:D.
 
buah merah baik untuk minuman atau jus dan mengandung berbagai macam vitamin. Buah Merah tidak menyembuhkan HIV/AIDS karena blm ada hasil penelitian untuk itu. Jika benar bisa sembuhkan HIV/AIDS maka para pakar kesehatan ga perlu riset lagi membuang dana jutaan dollar.
 
buah merah papua gmna ya bentuk nya
saya baru denger nie nma nya buah papua

Manfaat-Buah-Merah-Bagi-Kesehatan-Tubuh.jpg
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top