Kapasitas Simpan Data Lebih Banyak

randuwe

New member
Tanpa disadari, cahaya di sekitar kita memiliki peranan besar dlm kehidupan. Spt yg berhasil ditemukan 3 ilmuwan Jepang dari Laboratorium Riset Yoshitaka Taniyasu. Mereka menemukan Light Emiting Diode (LED) bersinar ultraviolet. Penemuan ini menjadi awal dari generasi penggunaan lensa optik dg kapasitas penyimpanan data yg lebih besar.
LED adl semikonduktor yg memancarkan cahaya ketika dialiri listrik. LED biasa digunakan pd beberapa gadget. Kini, teknologi ini dipakai juga di televisi layar datar yg banyak ditemui di pasaran.
Pancaran sinar ultravioletnya memiliki panjang gelombang hanya 210 nanometer. Kabarnya, ini adl gelombang cahaya terpendek yg pernah diciptakan. Melalui sinar kasat mata ini, nantinya akn diaplikasikan dlm bidang kesehatan masyarakat. Misalnya, sbg pembunuh kuman pd air yg terkontaminasi.
LED ultraviolet mengandung bahan aluminium nitrit tsb dpt digunakan sbg optik pembaca data dari CD. Fungsinya menggantikan laser yg menghabiskan banyak energi dan mengandung gas beracun. Usaha para ilmuwan menemukan cahaya yg bisa digunakan membaca track lebih tebal, terjawab dg hadirnya LED ultraviolet ini.
Utk ini, mereka melakukan penelitian lebih dlm tentang panjang gelombang cahaya. Penggunaan laser sinar merah dg gelombang lebih panjang, diubah ke sinar biru dan ungu dg yg lebih pendek.
 
Peranan yang besar itu gan, sehingga bisa mendapatkan manfaat yang banyak. Untuk LED UV banyak digunakan dalam kehidupan ini, salah satunya untuk tujuan kesehatan.
 
Back
Top