10 Kata-kata “Powerful” yang Baik untuk Anak Anda
 
Go Back   Home > Keluarga & Berumah Tangga

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online

Sponsored Links
 


 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Mengasuh Anak] 10 Kata-kata “Powerful” yang Baik untuk Anak Anda



Sebagai orang tua, sudah sepatutnya kita mengucapkan kata-kata yang baik kepada buah hati. Dengan menyampaikan perkataan yang baik, karakter anak akan terbentuk menjadi pribadi yang baik pula.

Selain itu, komunikasi dengan bahasa yang bagus juga akan membuat jalinan kasih antara orang tua dan anak semakin erat.

Di bawah ini adalah beberapa kata powerful yang bisa Anda sampaikan kepada buah hati Anda:

1. “Mama/Papa sayang kamu”

Dalam keseharian, mencintai anak saja belum cukup, yang lebih penting lagi adalah anak sadar bahwa mereka dicintai. Katakan “Mama sayang kamu” atau “Papa sayang kamu” disertai dengan pelukan hangat atau ciuman di pipi. Anak-anak akan merasa bahagia mengetahui dirinya mendapat kasih sayang yang begitu besar dari kedua orang tuanya.

2. “Tolong”

“Nak, ambilkan majalah di atas meja” dengan “Nak, tolong ambilkan majalah di atas meja” mungkin terdengar sama. Namun dengan menambahkan “Tolong”, kalimat akan terdengar lebih baik dan sopan. Membiasakan anak mengucapkan sesuatu dengan bahasa yang baik dan dengan cara yang sopan bisa membentuk karakter positif di dalam diri mereka.

3. “Terima kasih”

Mengajarkan anak untuk berbuat baik bisa dimulai dari diri sendiri. Agar anak-anak terbiasa mengucapkan “Terima kasih” ketika menerima sesuatu atau bantuan dari orang lain, biasakanlah mengucapkan “Terima kasih” kepada anak ketika mereka telah melakukan apa yang Anda pinta. Kata powerful ini dapat membuat anak merasa senang karena ada penghargaan atas perbuatan baik yang mereka lakukan.

4. “Bagaimana kalau kita setuju untuk…”

Kata powerful yang satu ini bisa Anda ucapkan saat mengajak anak untuk sepakat dengan sebuah keputusan. Anggap saja Anda merencanakan suatu kegiatan bersama, semisal berenang di akhir pekan. Untuk meminta persetujuan anak, cobalah mengatakan “Bagaimana kalau kita setuju untuk berenang minggu depan?”. Pertanyaan sekaligus ajakan seperti ini bisa meningkatkan mood mereka.

5. “Coba ceritakan lagi…”

Sebagai orang tua, sangat penting untuk memberi perhatian pada kegiatan sehari-hari anak. Sepulang mereka bermain atau sekolah, mintalah buah hati untuk menceritakan kembali apa saja yang telah mereka lakukan. Interaksi seperti ini akan membiasakan anak untuk lebih terbuka dengan orang tua.

6. “Yuk membaca!”

Membiasakan anak dengan kegiatan positif sebaiknya dimulai sedini mungkin. Agar anak-anak Anda memiliki minat baca yang baik, sering-sering ajak mereka membaca bersama.

7. “Kita semua pasti pernah berbuat salah”

Hal ini mungkin sering terlewatkan oleh orang tua dalam mendidik anak-anaknya. Orang tua sering kali lupa mengajarkan kepada anak untuk merasa bersalah. Ajarkan anak untuk bertanggung jawab atas apa yang mereka perbuat, bahkan saat mereka melakukan kesalahan. Katakan kepada anak-anak Anda bahwa semua orang pasti pernah berbuat salah, dan kita tetap harus mengakui kesalahan tersebut.

8. “Mama/Papa minta maaf”

Jika Anda melakukan kesalahan kepada anak, jangan pernah segan untuk meminta maaf dengan berkata “Mama/Papa minta maaf”. Kata powerful ini dapat menunjukkan kepada mereka bahwa sudah sepatutnya kita mengakui kesalahan yang telah diperbuat, dan meminta maaf bukanlah sesuatu yang memalukan.

9. “Bagaimana menurut kamu?”

Pertanyaan di atas bisa Anda coba untuk memancing anak-anak agar mereka berani mengutarakan pendapatnya. Misalnya setelah Anda selesai membacakan cerita, tanyakan kepada buah hati bagaimana pendapatnya mengenai ceri10 selamat
ta tersebut. Cara ini juga bisa melatih komunikasi serta kemampuan anak.

10. “Selamat, kamu berhasil!”

Ketika anak dalam masa pertumbuhan, sangat penting untuk membangun rasa percaya diri di dalam dirinya. Memberikan kalimat pujian seperti “Selamat, kamu berhasil” ketika anak Anda berhasil menyusun puzzle bisa menjadi cara ampuh untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka.

Nah, itulah beberapa kata powerful yang sebaiknya Anda ucapkan kepada anak-anak setiap harinya. Semoga daftar di atas dapat membantu Anda dalam mendidik anak.

Sumber : 10 Kata-kata “Powerful” yang Baik untuk Anak Anda
kenskw kenskw is offline
Village Level

Post: 28
 
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: 10 Kata-kata “Powerful” yang Baik untuk Anak Anda

powerful banget tu ..
Tonisanjaya Tonisanjaya is offline
Continent Level

Post: 4.083
 
Reputasi: 20






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: 10 Kata-kata “Powerful” yang Baik untuk Anak Anda

makasih gan infonya
tobiz tobiz is offline
City Level

Post: 133
 
Reputasi: 0

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.