Pemegang Kunci Ka'bah

Status
Not open for further replies.

spirit

Mod
Tahukah Anda Siapa Pemegang Kunci Ka'bah?

pintu-kabah_20151118_164647.jpg

Pintu Kabah

Kota Suci Makkah dan ka'bah menjadi bagian penting dari seluruh umat muslim di seluruh dunia.

Tiap tahunnya jutaan umat muslim berkunjung ke sana untuk menjalankan ibadah Haji yang jadi rukun Islam ke lima.

Tapi tahukan anda anda siapa yang memegang kunci ka'bah? ka'bah tak sembarangan orang bisa membukanya bahkan kunci dipegang secara turun temurun.
Dikutip dari Arabnews, setelah Nabi Muhammad SAW wafat, kunci Ka'bah diserahkan kepada Othman bin Thalhah kemudian turun temurun hingga saat ini dipegang oleh Sadin Nizar Al-Shaibi.

Sadin lah penjaga dan yang menyimpan kunci Ka'bah, Sadins adalah keluarga Al-Shaibi yang sejarahnya sudah dibuktikan sejak jaman dahulu.

Bahkan keturunan keluarga itu sudah menjaga kunci dari waktu ke waktu sejak zaman Nabi Ibrahim.

Pemegang kunci itu adalah Sadin senior, kunci itu digunakan dua kali setahun yaitu pada bulan Muharram dan hari pertama bulan Sya'ban.

kunci_kabah_20151118_163542.jpg

Pada masa lalu, Ka'bah dibuka dua kali seminggu pada hari Senin dan Kamis, Sekarang dibuka hanya dua kali setahun untuk mencuci dengan air zam-zam.

Selain itu juga dibuka ketika ada upacara Islam dan di hadapan sejumlah besar pejabat dan duta besar negara-negara Islam.

Kunci ka'bah saat ini sudah diperbaharui dengan yang baru setelah sekian lama digunakan.

Terakhir kunci kabah diganti pada November 2013, kunci itu terbuat dari nikel dan dipoles oleh emas 18 karat.

Ka'bah dihiasi penutup kain hitam yang disebut Kiswah. Kain hitam baru ditempatkan di atas Ka'bah, di tengah Masjidil Haram.

Kiswah terbuat dari sutra dan emas benang murni, panjang kiswah mencapai 14 meter setinggi Ka'bah dan lebar 47 meter, cukup untuk menutupi empat sisinya.

Dibagian atas dihiasi dengan tulisan ayat suci berlapis emas benang perak, yang beratnya 120 kilogram.

Butuh lebih kurang 650 Kg sutera alam diperlukan untuk membuat Kiswah. Sutra diimpor, namun Kiswah dirancang dan buat lebih dari 200 karyawan Saudi di sebuah pabrik khusus yang dibentuk oleh Kerajaan.

Di masa lalu, Kiswah digunakan dikirim oleh negara-negara Muslim yang berbeda.
Setiap tahun, potongan Kiswah lama disajikan sebagai hadiah kepada negara-negara Muslim. (*)


 
Abdul Qadir bin Thaha asy-Syaibi

Abdul Qadir bin Thaha asy-Syaibi (bahasa Arab: عبدالقادر طه الشيبي) (meninggal di Jeddah, 23 Oktober 2014, pada usia 74 tahun) adalah pemegang kunci ka'bah sekarang, ia mulai bertugas sejak hari Ahad, 7 November 2010 setelah wafatnya Abdul Aziz bin Abdullah asy-Syaibi. Dalam istilah Islam, pemegang kunci Ka’bah dinamakan Sadin. Dialah penanggung jawab utama dalam segala hal yang terkait dengan Ka’bah. Mulai dari membuka-menutupnya, mengizinkan masuk orang-orang tertentu, mengganti kiswah (penutup) Ka’bah, memberi wangi-wangian, dan sebagainya. Tugas memegang kunci Ka’bah ini memang menjadi hak keluarga besar Asy-Syaibi sejak zaman Nabi Muhammad. Dialah yang menugaskan hal tersebut saat menaklukkan kota Makkah. Tugas ini, menurut Nabi Muhammad, akan mereka pegang hingga Hari Kiamat.

Nasab

Syaikh Abdul Qadir bin Thaha bin Abdullah bin Abdul Qadir bin Ali bin Muhammad VII bin Zainal Abidin bin Muhammad Abdul Mu'thi bin Abdul Wahid bin Muhammad Jamaluddin bin al-Qasim bin Abi as-Su'ud bin Abi Fakhruddin bin Muhammad Jamaluddin bin Umar bin Sirajuddin bin Muhammad bin Ali bin Ghanim bin Muhammad bin Mufrij bin Muhammad bin Yahya bin 'Ubaidah bin Hamzah bin Barakat bin Syaibah bin Abdullah bin Syu'aib bin Jubair bin Syaibah bin Utsman bin Abi Thalhah Abdullah bin Abdul 'Uzza bin Utsman bin Abdu ad-Dar bin Qushaiy bin Kilab al-Qurasyi.

Bertemu nasabnya dengan Rasulullah S.A.W pada Qushaiy bin Kilab.

Wafat

Ia meninggal dunia hari Kamis, 23 Oktober 2014. Dia meninggal setelah berjuang selama lima bulan melawan penyakit kanker. Syaikh Abdul Qadir menerima tugas sebagai pemegang kunci Ka’bah pada bulan November 2010, menggantikan pendahulunya, Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah As-Syaibi.


 
Status
Not open for further replies.
Back
Top