21 Mainan Jadul Yang Masih Eksis
 
Go Back   Home > Sejarah & Budaya

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

21 Mainan Jadul Yang Masih Eksis

Ingat gak ketika pulang sekolah dan abang-abang mainan sudah menunggu di luar sekolah untuk menjajakan mainannya. Ingat gak ketika kamu merengek minta dibelikan oleh orangtuamu. Kamu merasa kamu pantas mendapatkannya setelah dapat nilai bagus di sekolah.

Mainan-mainan sederhana ini berhasil mengisi masa kecil kalian pastinya. Namun, apakah sekarang sudah tidak ada? Salah! Masih ada kok! Dengan perkembangan internet dan jual beli online yang sudah banyak digunakan orang. Maka, tidak heran ketika mainan-mainan ini muncul lagi di publik.

Akan tetapi, bagaimana dengan harganya? Nah, IDNtimes sudah rangkum 21 mainan 90-an ini dan harganya!

1. Ular Tangga


Sumber Gambar: 90gens.com

Orang-orang mulai menjual permainan ular tangga yang kadang ngeselin ini. Siapa yang tidak kesal ketika angka dari dadu membuat kita melangkah ke kotak yang ada ularnya? Mainan ini sekarang dibanderol seharga 25.000 rupiah.

2. Kelereng


Sumber Gambar: id.aliexpress.com

Kayaknya kalau punya kelereng yang berjenis susu adalah yang paling keren. Namun, gak kalah juga sama yang punya jenis kristal. Harga-harganya sudah bervariasi sekarang. Untuk kelereng susu dijual 180 sampai 200 rupiah per biji. Sementara untuk kristal dijual 700 rupiah per lima biji dan yang standar, yakni belimbing dibanderol dengan harga 150 rupiah per biji.

3. Congklak


Sumber Gambar: nurulaini8.blogspot.com

Tradisional dan bisa dimainkan ramai-ramai. Sekarang masih banyak dibuat, meskipun banyak yang memberikan tambahan cat dan bentuk-bentuk yang lebih keren. Tentunya yang dengan "upgrade" ini dibanderol lebih mahal, yakni 35.000 sampai 45.000 rupiah. Sementara itu yang plastik atau klasik ada di harga 12.000 sampai 15.000 rupiah.

4. Yoyo Kayu


Sumber Gambar: bombastis.com

Mainan ini ditinggal setelah ada kartun Jepang yang membuat yoyo tampil lebih keren dengan besi ataupun bahan metal lainnya. Namun, masih ada lho yang membuat yoyo kayu ini dan dibanderol seharga 5.000 rupiah per-buah

5. Balon Tiup


Sumber Gambar: blog.tokopedia.com

Balon tiup adalah hal yang menggembirakan ketika kita mampu meniupnya sampai besar tanpa dipecahkan. Dulu dengan mudah dibeli di warung-warung dekat rumah. Sekarang, harganya dibanderol 12.000 sampai 15.000 rupiah per 100 biji.

6. Gasing Kayu


Sumber Gambar: id.priceaz.com

Gasing kayu juga serupa nasibnya dengan yoyo, ketika kartun jepang yang memperkenalkan kerennya gasing dengan bahan metal. Namun, sekarang kembali dijual dengan harga 7.000 rupiah per-buah.

7. Halma


Sumber Gambar: elgaayudi.wordpress.com

Siapa yang masih ingat dengan mainan ini? Salah satu game board yang terkenal dikala kita gak ngerti main catur ini sekarang dibanderol dengan harga 7.500 rupiah per buah.

8. Pesawat Busa


Sumber Gambar: tokopedia.com

Berbahan lentur, mainan ini adalah model pesawat yang jadi impian anak-anak lelaki ketika menunjukkan kekerenannya di sekolah. Sekarang, mainan pesawat ini dijual 1.200 sampai 1.500 rupiah per buah.

9. Ludo


Sumber Gambar: miftahrizkamuna.blogspot.com

Ludo sekarang dibanderol dengan harga 12.000 sampai 15.000 rupiah per buahnya.

10. Kitiran Baling-baling


Sumber Gambar: tokopedia.com

Baling-baling hits saat zaman pulang sekolah ini sudah tak lagi diproduksi ataupun dimainkan anak-anak sekarang. Saat ini, dijual online pun dalam jumlah terbatas dan seharga 2.000-2.500 rupiah per buahnya.

11. Burung gantung


Sumber Gambar: bukalapak.com

Fungsinya memang bukan hanya mainan, tapi juga pajangan. Sekarang, burung keren ini dijual seharga 20.000 rupiah. Dulu, ketika punya mainan atau pajangan ini kita berasa kaya dan keren, benar nggak?

12. Parasut Superhero


Sumber Gambar: tokopedia.com

Ada Batman, Superman, sampai Spiderman. Gambar-gambar para superhero terjun payung dengan parasut yang terbuat dari kantong plastik. Kebahagiaan sederhana ini sekarang dijual dengan harga 3.000 rupiah untuk ukuran sedang. Sementara kalau jumbo seharga 5.000 rupiah.

13. Ketapel Kayu


Sumber Gambar: jhonthit.blogspot.com

Alat 'perang' satu ini nggak bisa ditinggalkan oleh kita yang dulu gak bisa diam di sekolah. Sekarang, ketapel kayu dijual seharga 1.500 rupiah per buahnya.
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 66.129
 
Reputasi: 1621

       





Reply With Quote     #2   Report Post     Original Poster (OP)

Re: 21 Mainan Jadul Yang Masih Eksis

14. Kapal Otok-otok


Sumber Gambar: kaskus.co.id

Kapal-kapalan ini memang keren habis! Di depan sekolah abang-abang menjajakannya dengan kapalnya bergerak bak dengan mesin asli. Keren ya? Nah, kapal ini dibanderol seharga 7.500 rupiah per buahnya sekarang.

15. Pistol Mainan


Sumber Gambar: satujam.com

Pistol mainan dengan peluru bulat ini sekarang masih dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi, yakni 25.000 rupiah. Keren ya, ketika kita bisa punya pistol mainan untuk dimainin sama teman sekelas.

16. Tetris atau Gembot


Sumber Gambar: blog.tokopedia.com

Mainan ini merupakan kepusingan orangtua yang terbesar. Selain dulu harganya cuma mahal ketika mulai terkenal. Anak-anak juga meminta mainan ini dengan bentuk yang macam-macam. Namun, untuk kamu yang masih pengen punya, kamu bisa beli dengan harga 17.000 sampai 20.000 rupiah.

17. Tamagotchi Klasik


Sumber Gambar: 90gens.com

Beragam tamagotchi sudah berkembang sekarang. Namun, ingatkah kamu dengan tamagotchi yang berbentuk telur? Tamagotchi klasik ini sekarang dijual seharga 35.000 sampai 40.000 rupiah.

18. Bola Bekel


Sumber Gambar: tokopedia.com

Mainan bola yang memantul-mantul ini sangat-sangat menyenangkan untuk kita. Nggak usah susah mainnya. Bahkan bisa jadi kebiasaan dikala senggang atau lagi berpikir. Sekarang bola bekel di jual seharga 7.000 sampai 9.500 rupiah per buah.

19. Mainan Game Air


Sumber Gambar: id.pricepedia.org

Ditekan dan terus ditekan sampai cincinnya masuk dalam tiang yang ada dalam air. Perjuangan untuk memasukkan cincin dalam jumlah yang sama di kedua sisi ini memang besar. Saat ini mainan tersebut dijual dari 4.000 sampai 5.000 rupiah.

20. Per Warna-warni


Sumber Gambar: tokopedia.com

Disebut juga slingky warna-warni, mainan ini banyak menjadi 'aksesoris' di kala bermain. Sekarang per ini dijual dengan harga 13.000 sampai 15.000 rupiah.

21. Pistol Air


Sumber Gambar: bluefame.com

Mainan keren terakhir ini menjadi alat paling dibenci sekaligus favorit. Kamu akan basah-basahan dan ketika sampai rumah dimarah-marah sama ibu. Tabah ya, tapi kesenangannya tiada tara!! Harganya sekarang di kisaran 10.000 sampai 15.000 rupiah.

Hah, harganya semakin turun atau naik menurutmu? Namun, harganya semakin bisa dijangkau untuk kita, terutama yang sudah berpenghasilan sendiri. Bisa untuk diperkenalkan kepada sepupu atau anak kita yang masih kecil. Agar mereka merasakan keseruan dan kekerenan yang sama!

spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 66.129
 
Reputasi: 1621






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: 21 Mainan Jadul Yang Masih Eksis

Ludo itu mainan jenis apa ya den .. di kampung saya ga ada nmanya mainan Ludo
Tonisanjaya Tonisanjaya is offline
Continent Level

Post: 4.083
 
Reputasi: 20






Reply With Quote     #4   Report Post     Original Poster (OP)

Re: 21 Mainan Jadul Yang Masih Eksis

Kutip:
Oleh Tonisanjaya View Post
Ludo itu mainan jenis apa ya den .. di kampung saya ga ada nmanya mainan Ludo



Ludo yang kini dikenal dimainkan diatas papan kotak. Posisi setiap pemain terletak di sudut papan dimana setiap sudut dibagi menjadi 3 kolom, dengan setiap kolom dibagi menjadi 6 kotak. Pusat dari papan adalah tujuan akhir permainan yang dibedakan dalam empat segitiga sesuai dengan warna posisi setiap pemain.

Ludo, Permainan Klasik dengan Misteri Matematika. Saat memulai permainan, seluruh biji ludo disusun pada “rumah” yang sesuai dengan warna yang terdapat di sudut papan ludo. Untuk mengeluarkan biji ludo dari rumah tersebut, setiap pemain harus mendapatkan hasil kocokan dadu dengan angka yang sama (beberapa memodifikasi menjadi mendapatkan angka ‘6’, jika bermain dengan satu dadu). Biji ludo berpindah sesuai dengan angka yang keluar dari kocokan dadu mengikuti arah jarum jam. Pemenang ditentukan dengan melihat siapa yang paling pertama meletakkan seluruh biji ludo ke titik akhir.

Ada beberapa versi aturan dari permainan ini. Untuk menambah tingkat keseruan dari permainan, kita biasanya memberlakukan aturan penalti. Kotak pada papan ludo tidak boleh ditempati oleh dua buah biji (maksudnya kalau ada 2 warna pion yang berbeda dilarang). Jika ini terjadi, maka biji yang lebih dulu menempati akan tertabrak dan mendapat penalti mengulang langkah dari titik awal. Aturan ini sering membalikkan permainan sekaligus menambah keramaian.



sekarang tersedia main Ludo online: DISINI
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 66.129
 
Reputasi: 1621






Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: 21 Mainan Jadul Yang Masih Eksis

Kutip:
Oleh spirit View Post

Ludo yang kini dikenal dimainkan diatas papan kotak. Posisi setiap pemain terletak di sudut papan dimana setiap sudut dibagi menjadi 3 kolom, dengan setiap kolom dibagi menjadi 6 kotak. Pusat dari papan adalah tujuan akhir permainan yang dibedakan dalam empat segitiga sesuai dengan warna posisi setiap pemain.

Ludo, Permainan Klasik dengan Misteri Matematika. Saat memulai permainan, seluruh biji ludo disusun pada “rumah” yang sesuai dengan warna yang terdapat di sudut papan ludo. Untuk mengeluarkan biji ludo dari rumah tersebut, setiap pemain harus mendapatkan hasil kocokan dadu dengan angka yang sama (beberapa memodifikasi menjadi mendapatkan angka ‘6’, jika bermain dengan satu dadu). Biji ludo berpindah sesuai dengan angka yang keluar dari kocokan dadu mengikuti arah jarum jam. Pemenang ditentukan dengan melihat siapa yang paling pertama meletakkan seluruh biji ludo ke titik akhir.

Ada beberapa versi aturan dari permainan ini. Untuk menambah tingkat keseruan dari permainan, kita biasanya memberlakukan aturan penalti. Kotak pada papan ludo tidak boleh ditempati oleh dua buah biji (maksudnya kalau ada 2 warna pion yang berbeda dilarang). Jika ini terjadi, maka biji yang lebih dulu menempati akan tertabrak dan mendapat penalti mengulang langkah dari titik awal. Aturan ini sering membalikkan permainan sekaligus menambah keramaian.



sekarang tersedia main Ludo online: DISINI
oh ya saya ingat . kalo ga salah ludo ini sama seperti ular tangga ya . biasa di pemainan ular tangga dibelakang nya ada gambar 4 kotak . mungkin itu yg di sebut ludo
Tonisanjaya Tonisanjaya is offline
Continent Level

Post: 4.083
 
Reputasi: 20






Reply With Quote     #6   Report Post     Original Poster (OP)

Re: 21 Mainan Jadul Yang Masih Eksis

Kutip:
Oleh Tonisanjaya View Post
oh ya saya ingat . kalo ga salah ludo ini sama seperti ular tangga ya . biasa di pemainan ular tangga dibelakang nya ada gambar 4 kotak . mungkin itu yg di sebut ludo
ya mirip ular tangga. Permainan ludo ini macam2 typenya. ada juga yg mirip main catur
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 66.129
 
Reputasi: 1621






Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: 21 Mainan Jadul Yang Masih Eksis

Tamatgochi !!!! Hewan peliharaan saya yang pertama !!!!
mas888 mas888 is offline
Banned

Post: 32
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: 21 Mainan Jadul Yang Masih Eksis

Kutip:
Oleh spirit View Post
ya mirip ular tangga. Permainan ludo ini macam2 typenya. ada juga yg mirip main catur
oh kalo begitu saya tahu den . mungkin lain bahasa nya aja ya . kalo di kmpung saya itu main benteng nama nya . hehe
Tonisanjaya Tonisanjaya is offline
Continent Level

Post: 4.083
 
Reputasi: 20






Reply With Quote     #9   Report Post  

Re: 21 Mainan Jadul Yang Masih Eksis

adik saya sering memainkan ular tangga dirumah
akbar54 akbar54 is offline
National Level

Post: 1.663
 
Reputasi: 7






Reply With Quote     #10   Report Post  

Re: 21 Mainan Jadul Yang Masih Eksis

yang pasti semua sudah pernah ane mainin waktu kecil gan, baik itu punya sendiri atau minjem dari temen gan, hahaha, kalau sekarang mungkin anak anak cukup punya 1 gadget dan bisa bermain banyak permainan ya, kalau dulu harus punya banyak permainan, tapi seru , kalau nggak punya bisa main ke rumah temen untuk minjem dulu atau ikutan main
ibamfx
ibamfx ibamfx is offline
National Level

Post: 756
 
Reputasi: 17

Reply
 

(View-All Members who have read this thread : 6
agungsuhada, akbar54, ibamfx, mas888, Tonisanjaya
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Merek - Merek Jadul, Punya Indonesia Yang Masih Bertahan Sampai Sekarang hktoyshop Sejarah & Budaya 5


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.