Mohon disable addblok untuk situs ini, lalu klik reload

Please disable addblok for this site, then click reload
Cat Plastik Primer
 
Go Back   Home > Elektronik

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Cat Plastik Primer

Cat Plastik Primer - Helooo guys.. Kali ini saya mau bahas lagi mengenai salah satu pewarna tembok, motor, mobil, dan lain sebagainya. Ini lebih di kenal dengan CAT. Ya, apa itu cat ?? cat adalah suatu cairan yang berwarna dengan bermacam-macam warna mungkin hampir 50 warna, tapi berbeda dengan cat primer plastik cat yang ini lebih bagus dan tahan lama. jika anda ingin mengecat motor anda silahkan gunakan cat primer ini, cat ini bisa digunakan untuk waktu yang lama ya sekitar 5 tahunan baru anda bisa mengecat kembali motor anda jika sudah 5 tahun. Setelah anda mengetahui lebih jauh mengenai cat, anda dapat mengaplikasikan nya lebih efektif pada model kit anda. Ini hanya panduan kasar, saya harap anda bisa mendapatkan hasil yang diharapkan tanpa merusak hasil pengecatan anda.

Terdapat beberapa bahan yang ditambahkan ke dalam cat.Bahan-bahan itu termasuk ‘agen pengatur’ yang mempengaruhi bagaimana permukaan cat setelah mengering,apakah membuat permukaan gloss (mengilap),semi gloss atau flat (rata/tidak mengilap).Ada juga metalflakes (serpihan metal) atau partikel mika yang menciptakan warna metalik.Yang termasuk ke dalam kategori ini juga adalah efek PEARLS (efek mutiara).

Umumnya, ada 3 jenis cat yang banyak digunakan modeler untuk model kit mereka, yaitu cat lacquer, cat enamel dan cat acrylic (akrilik). Yang membedakan ketiga jenis cat ini pada dasarnya adalah solvent atau pengencer pemebentuk cat itu sendiri. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan ringkas tentang 3 jenis cat tersebut.

Kenapa saya tidak dapat memolesnya segera setelah catnya mengering?




Bayangkan sepatu dan talinya.Kalau anda mengikat tali sepatu anda dan anda mencoba untuk menariknya,anda tidak akan dapat melakukannya karena mereka sudah menyatu.Sama dengan cat,pada tingkat molekul.Anda mempunyai tali panjang yang terdiri atas molekul cat dan carrier yang menggantung di dalam solvent.Setelah solvent mengering, ikatan antara cat dan carrier akan mulai terjalin.Ini yang membuat cat jadi lebih keras.Semakin sedikit solvent,catnya akan semakin keras.Semakin keras catnya,proses memoles akan semakin baik dan anda akan mendapatkan cat yang mengilap seperti kaca.Itulah kenapa anda harus menunggu sampai cat benar-benar mengering.

Pentingnya cat primer

1. Primer mempunyai beberapa fungsi sekaligus.Satu, beberapa cat bersifat tembus pandang – warna material dasar dimana cat diaplikasikan mempengaruhi warna cat tersebut.Cobalah mengecat cat merah di atas warna hitam, lihat seberapa bagus hasilnya.Primer yang baik akan memberikan warna dasar yang solid untuk warna cat di atasnya.Dalam hal ini, akan menyerupai warna cat di atasnya.
Contohnya :
- Merah di atas putih = merah cerah
- Merah di atas hitam = merah gelap
- Putih di atas putih = putih
- Putih di atas hitam = abu-abu,dst.

2. Carrier dan pigment cat biasanya melekat lebih baik ke lapisan primer dibandingkan plastik.Cat akan melekat lebih baik ke permukaan yang datar dan tidak rata.Tapi jangan membuat lapisan primer yang sangat tidak rata atau hal itu akan membuat permukaan TOPcoat cat jadi rusak,itulah mengapa beberapa orang mengamplas primernya dengan amplas grit 1500 sebelum mengecat.

3. Primer membentuk pelindung antara plastik dan cat yang lebih keras.

Nah guys mungkin saya cuman bisa menjelaskan sedikit saja tentang cat semoga apa yang sudah saya tulis bisa membantu kalian. Byeeee
agungpras agungpras is offline
City Level

Post: 117
 
Reputasi: 0

       
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.