Benarkah Cloud Computing Hanya Sekadar Menyimpan di Komputer Lain
 
Go Back   Home > Internet

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Hosting] Benarkah Cloud Computing Hanya Sekadar Menyimpan di Komputer Lain

[center][center]
VIBICLOUD – Dewasa ini semakin banyak yang familiar dan menggunakan cloud computing untuk mendukung berbagai kegiatan mulai dari kegiatan sehari-hari sampai mengoptimalkan bisnis. Sayangnya, sebagian penggunaka tidak benar-benar memahami apa itu cloud computing dan hanya sekadar tahu cara menggunakannya. Bahkan ada yang berpendapat kalau menyimpan data di cloud computing berarti menyimpan data pada komputer “orang lain”. Hal ini terjadi karena banyak yang melihat cloud computing hanya sebagai sarana penyimpanan data yang akan disimpan di mesin atau server yang dimiliki oleh orang lain. Contohnya menyimpan data di Dropbox, Google Drive, dan berbagai layanan penyedia cloud computing dan layanan ini terlihat tidak lebih sebagai penyedia server yang dapat digunakan siapa saja.

Walau pendapat itu terlihat benar tapi sebenarnya sentimen itu sudah berkembang semakin jauh dari pengertiaan cloud computing yang sesungguhnya.

Mereka yang berpendapat atau setengah bercanda mengatakan menggunakan cloud computing berarti menggunakan komputer “orang lain” sepertinya lupa atau bahkan tidak mengerti kalau komputer yang mereka sebut sebagai komputer “orang lain” itu sesungguhnya tidak hanya menawarkan ruang penyimpanan fisik untuk menyimpan data tapi juga menawarkan berbagai layanan lain salah satunya layanan yang memungkinkan mereka untuk menyimpan data secara jarak jauh tanpa terkoneksi secara fisik hanya melalui koneksi internet. Selain itu data mereka juga dapat tersimpan karena mereka memiliki perangkat lunak yang mampu memanipulasi dan menyimpan data dengan sempurna. Selain itu teknologi cloud computing juga memungkinkan untuk mengembangkan dan meningkatkan aplikasi tertentu.

Cloud computing dapat dikatakan merupakan teknologi yang sangat kompleks terutama jika dijelaskan secara virtual. Hal utama yang harus selalu diingat adalag cloud computing telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari teknologi dan tanpa teknologi ini kehidupan tidak akan mungkin seefisien sekarang terutama dalam bidang bisnis.

Jadi benarkah cloud computing hanya sekadar menyimpan data di komputer “orang lain” maka jawabannya adalah tidak. Cloud computing jauh lebih kompleks dari sekadar menggunakan komputer “orang lain” karena merupakan sistem yang terinterkoneksi dengan beberapa bagian yang akan membuat kehidupan lebih mudah, efisien dan fleksibel. Sekadar menggunakan komputer “orang lain” tidak mungkin memberikan apa yang ditawarkan oleh teknologi cloud computing.
Nays99 Nays99 is offline
Village Level

Post: 44
 
Reputasi: 0

       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Benarkah Cloud Computing Hanya Sekadar Menyimpan di Komputer Lain

Bagus' sekali
andri123 andri123 is offline
City Level

Post: 103
 
Reputasi: 0

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Selain Pengertian Cloud Computing, Apa Lagi yang Anda Ketahui Tentang Cloud Computing? Nays99 Internet 1
Cloud Hybrid Jadi Tren Cloud Computing Tahun Ini vibicla Internet 0
Mengenal Tentang Cloud Computing di Indonesia vibicla Internet 0


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.