Pantai Parangtritis Jogja, Pantai Indah Dengan Cerita Misteri

SimplyLand

New member
pantai-parangtritis-jogja.jpg


Hai sahabat Guesthouse.co.id, Mau jalan-jalan kemana akhir pekan ini ?. Bagi anda yang sedang berkunjung ke kota pelajar jogja, jangan lupa untuk mampir wisata ke pantai parangtritis. Pantai yang satu ini memiliki bibir pantai yang sangat panjang, namun juga memiliki palung-palung yang berbahaya.

Sudah pada tahu belum tentang cerita pantai parangtritis ?. nih Guesthouse.co.id akan memberitahu tentang cerita pantai parangtritis. Walaupun pantainya tampak indah dan sangat bagus buat mandi-mandi. Namun dibalik semua itu ada cerita misteri yang layak diketahui.

Awal mula penamaan pantai parangtritis ialah pada zaman dahulu di kerajaan majapahit, ada seseorang lari menuju daerah laut yang ombaknya sangat besar. Dia bersemedi di tempat itu. Banyak air yang “tumaritis” atau menetes dari “parang” atau celah-celah batu karang. Ia pun lalu menamainya sebagai parangtritis, atau berarti air yang menetes dari celah batu karang.

Mitos pun berlanjut hingga ke era kerajaan mataram. Konon, raja-raja jawa memiliki hubungan khusus dengan Nyi Roro Kidul. Bila anda berwisata ke kraton yogyakarta, anda akan menemukan cerita bahwa pembangunan keraton diselaraskan dengan pantai selatan.

Awal mula hubungan keraton dengan pantai selatan ialah terjalinnya hubungan asmara antara pendiri kerajaan mataram islam (Panembahan Senopati) dengan Nyi Roro Kidul. Pertemuan merekan terjadi saat Panembahan Senopati melakukaan semedi di pantai selatan. Sehingga Nyi Roro Kidul pun kemudian berjanji akan membantu dan terus berhubungan dengan Keturunan dari Panembahan Senopati.

Dan yang kalah penting ialah mitos mengenai tidak diperbolehkannya menggunakan baju berwarna hijau disekitar pantai parangtritis. Karena warna hijau dipercaya sebagai warna kesukaan sang ratu laut selatan, dan juga warna pakaian bala tentaranya. Memakai warna hijau dipercaya bisa membuat sobat akan tergulung ombak saat berenang di pantai.

Tapi bagaimana pun semua itu hanyalah mitos, banyak yang pro dan banyak pula yang kontra. Anda akan selamat bila berhati-hati.

Penginapan Jogja / Pantai Parangtritis Jogja, Pantai Indah Dengan Cerita Misteri / Guesthouse Indonesia / Penginapan Murah Jogja
 
Back
Top