Wisata Kerajinan Perak Kota Gede Yogyakarta

SimplyLand

New member
pengerajin-perak-jogja.jpg


Wisata Kerajinan Perak Kota Gede Yogyakarta

Jalan-jalan ke jogja tentunya tidak lengkap bila tidak mengunjungi malioboro, malioboro merupakan ikon kota jogja. Namun, tahukah kamu lokasi wisata yang tidak kalah menarik dengan malioboro ?. Bagi kamu yang gemar dengan kerajinan khusunya kerajinan perak. Di jogja ada satu wilayah yang memang khusus untuk membuat kerajinan perak, yaitu kota gede.

Para pengerajin perak profesional terdapat disana. Dengan sentuhan tangan dinginnya, perak yang semula tidak berharga menjadi sangat berharga. Tahukan anda kenapa namanya kota gede ?.

Ternyata nih nama Kotagede berasal dari nama ibu kota lama yang awalnya adalah daerah kekuasaan kesultanan mataram. Kerajaan tersebut kemudian pecah menjadi Kesunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta. Kota Kotagede merupakan asset budaya yang dimiliki pemerintah saat ini.

Namun kendala pembangunan dihadapi dengan adanya permasalahan pembagian wilayah akibat perpecahan kerjaan tersebut. Kerajinan perak Kotagede bermula dari kebiasaan para abdi dalem kriya Kotagede membuat barang-barang keperluan Kraton untuk memenuhi kebutuhan akan perhiasan atau perlengkapan lainnya bagi Raja dan Kraton serta kerabat-kerabatnya.

Disepanjang jalan di kota gede hampir dipenuhi oleh para pengerajin perak. Ciri khas perak yang dihasilkan oleh pengerajin kota gede yaitu kontras dan embos yang dihasilkan antara warna putih bersih dan warna hitam pada setiap bagian desain perhiasan yang dihasilkan. Adapun barang-barang yang dihasilkan dari pengrajin ini ialah mangkok teh, kalung, gelang dan berbagai macam perhiasan lainnya.

Bagi Para pelancong yang ingin mengetahui kadar kemurnian perak, silahkan mampir ke Balai Besar Perindustrian di Jalan Kusumanegara. Jika Para pelancong masih awam dengan perak, dapat memulai kunjungan ke art shop KP3Y (Koperasi Produksi Pengusaha Perak Yogyakarta) di kawasan Mondorakan.

Bagi anda yang ingin belanja kerajinan perak, tidak akan menyesal deh bila membelinya di kota gede. Konon, dibanding dengan pengerajin di indonesia lainnya atau di luar negeri. Perak yang dihasilkan oleh pengerajin kota gede masih lebih bagus dan baik. Ya mungkin sebagian orang akan beranggapan mahal, namun bila anda melihat proses pembuatannya. Kata mahal akan hilang seketika. Hehehehe.

Ayo tunggu apalagi, jalan-jalan ke jogja dan mampir deh ke kota gede.

penginapan murah / penginapan murah jogja
 
Back
Top