Teknologi 3d Printing

agungpras

New member
AO-TEKNIK - Tidak ada yang dapat menghentikan perkembangan teknologi. Contohnya bagaimana teknologi 3D Printing yang baru saja diperkenalkan sudah berhasil mengubah cara untuk memproduksi berbagai benda mulai dari mainan, pakaian, bahkan yang paling mengejutkan adalah menciptakan bagian atau organ tubuh yang dapat digunakan untuk berbagai kemungkinan di dunia kesehatan.

Konsep dari teknologi 3D printing ini adalah menciptakan sebuah obyek dengan menambahkan material layer by layer sehingga memungkinkan para desainer untuk menciptakan obyek dengan desain yang kompleks dan detail rumit. Selain itu teknologi ini diklaim dapat menekan biaya produksi juga menghemat waktu karena untuk menciptakan obyek tersebut tidak membutuhkan proses forging, molding dan sculpting. Teknologi ini tidak hanya dapat digunakan oleh industri saja. Sekarang siapa saja dapat memiliki printer dengan teknologi 3D printing dan menciptakan berbagai obyek yang diinginkan.

Langkah pertama dari 3D printing adalah membuat blueprint obyek yang ingin dicetak. Anda dapat membuat blueprint yang dibutuhkan dengan menggunakan berbagai software untuk modelling atau Anda bisa mengunjungi website yang menyediakan blueprint untuk model 3D. Setelah menyelesaikan atau menemukan blueprint obyek yang Anda inginkan yang harus Anda lakukan hanya menyiapkan printer kemudian menunggu sampai obyek atau model yang Anda inginkan tercetak sempurna.
 
Back
Top