Mengenal Parylene Coating

agungpras

New member
AO-Teknik - Selain cat plastik primer, parylene juga sering digunakan sebagai pelapis atau coating pada plastik, logam dan beberapa bahan lainnya untuk memastikan cat menempel dengan baik dan tahan lama. Parylene merupakan nama umum untuk Poly-para-xylyneles Material ini pada dasarnya merupakan bentuk dari plastik film yang diterapkan dalam ruang hampa hingga berubah menjadi gas yang akan melapisi permukaan benda yang telah ditentukan.

Pengaplikasian parylene coating dilakukan pada suhu ruang dengan menggunakan peralatan vacuum khusus seperti Parylene P30, Parylene P120D, Parylene P260D dan Parylene P300 dari Diener Electronic yang mampu mengontrol tingkat dan ketebalan pelapis. Proses ini berlangsung pada tingkat molukeler. Secara sederhana peralatan khusus ini akan mengubah parylene menjadi gas kemudian membelas dan akhirnya akan mengendap sebagai polymer film bening yang melapisi setiap permuakaan yang diinginkan.

Parylene selalu digunakan setiap kali menginginkan lapisan tipis. Selain itu karena diaplikasikan dalam bentuk gas hasil akhir dari palapis parylene akan sempurna tanpa bercak atau retak yang sering terjadi pada pelapis yang diaplikasikan dalam keadaan cair. Keunggulan yang lain tentu saja karena bahan kimia ini merupakan biokompatibel sehingga dapat digunakan sebagai implan untung bidang kesehatan.
 
Back
Top