Alternatif Pengganti Cat Plastik Primer

agungpras

New member
Aot-Teknologi - Bagi sebagian besar masyarakat, menggunakan cat plastik primer sebelum mengecat berbagai produk berbahan plastik merupakan satu keharusan setelah membersihkan seluruh permukaan produk dengan menggunakan alcohol dan menggunakan amplas untuk membuat tekstur pada permukaan plastik sehingga cat dapat melekat dengan sempurna. Hal ini tidak sepenuhnya salah tapi sekarang sudah ada alternatif selain cat plastik primer dengan hasil yang lebih sempurna dari penggunaan cat plastik primer.

Beberapa tahun belakangan, teknologi plasma sudah sering digunakan terutama dalam industri. Teknologi baru ini meliputi proses membersihan, merekayasa permukaan produk termasuk menciptakan tekstur hingga memberikan coating sehingga hasil pengecatan akan semakin maksimal. Selain itu pengunaan teknologi plasma juga jauh lebih presisi yang pada akhirnya tentu akan menghemat bahan dan mengurangi biaya proses juga menciptakan komposit yang ramah lingkungan. Alasan lain mengapa industri menyukai teknologi ini adalah teknologi ini dapat diaplikasikan pada banyak bahan di antaranya plastik, semi konduktur juga optik.

Sebenarnya apakah teknologi plasma ini? Plasma merupakan sebutan untuk kondisi atau tingkat keempat dari materi. Materi ini memiliki tingkat energi yang tinggi tetapi masih dapat menjaga kestabulannya. Energi ini dapat dipindahkan ke benda lain baik dalam bentuk padat, cair maupun gas melalui bentuk panas (form of heat). Teknologi plasma tentu saja tidak berhenti pada materi berbentuk gas. Jika ada tambahan energi yang dipompakan ke dalam benda atau paham dengan cara mengalirkan listrik hingga elektron-elektron terlepas dan mencapai tingkat energi kinetic yang lebih tinggi lalu meninggalkan cangkang atom maka akan menghasilkan elektron, ion dan pecahan molekular yang dapat digunakan walau tidak mungkin digunakan pada tekanan normal karena ketidakstabilannya. Oleh karena itu teknologi plasma hanya dapat diimplementasikan pada bidang industri dengan bantuan mesin yang disebut Atmospheric Pressure Plasma Systems.
 
Back
Top