Wisata Air Terjun Sri Gethuk, Pesona Alam Jogja

SimplyLand

New member
Menikmati-Pesona-Air-Terjun-Sri-Gethuk-Gunung-Kidul-Jogyakarta1.jpg

Jogja merupakan salah satu provinsi yang memiliki banyak tempat pariwisata. Pada kesempatan kali ini Guesthouse.co.id akan membahas mengenai wisata air terjun sri getuk. Air terjun yang memiliki keindahan alam yang cantik nan elok. Banyak para wisatawan yang mengunjungi air terjun ini.

Sebelum itu, ada baiknya kita kenal terlebih dahulu mengenai air terjun sri gethuk. Tahukah anda kenapa air tersebut diberi nama sri gethuk ?.

Asal nama air terjun ini bukanlah gethuk melainkan kethuk, yaitu salah satu jenis gamelan jawa. Namun karena lidah kita lebih mudah menyebut Gethuk mengingat sebelumnya ada kata Sri, jadi hanyalah untuk memudahkan saja. Menurut beliau, pada jaman kakek-kakek buyutnya.

Di seputar air terjun tersebut terdapat kerajaan lelembut yaitu semacam makhluk halus yang tentu tidak kasat mata. Pada hari dan saat saat tertentu konon di kerajaan tersebut sering spel atau latihan menabuh gamelan tersebut. Suara gamelan tersebut sangat nyaring di dengar oleh warga desa Bleberan.

Nah suatu ketika ada sedikit keributan karena salah satu alat gamelannya hilang. Gamelan yang hilang itu namanya Kethuk. Maka terkenalah air terjun tersebut bernama Sri Kethuk..atau kemudian juga dan malah lebih dikenal dengan nama Sri Gethuk. Air terjun ini berlokasi di Playen Dingo, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta.


Rute Perjalanan Ke Air Terjun Sri Gethuk

Dari Kota Yogyakarta > ambil jalur jogja-wonosari hingga sampai pertigaan gading. Di pertigaan akan ada petunjuk arah, ikuti petunjuk tersebut hingga ke playen. Setelah sampai di playen, banyak rute untuk menuju ke lokasi air terjun. Namun sebaiknya anda mengikuti rute yang beraspal, walaupun sedikit lebih jauh tetapi mudah untuk dilalui.

Rute Menuju Air Terjun

Terdapat 2 cara untuk sampai ke air terjun :

Berjalan kaki sejauh 1,5 km
Menuruni anak tangga (sudah disemen) menuju tepi sungai. Dan disana anda akan menemukan perahu getek yang sudah dimodifikasi menjadi lebih modern. Untuk ongkos perorangnya kurang lebih Rp.7.500 (sudah pulang-pergi).
Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi Air Terjun Sri Gethuk. Asal tahu aja ya, air terjun sri gethuk ini masih sangat alami.


Penginapan murah jogja / Wisata Air Terjun Sri Gethuk, Pesona Alam Jogja
 
Back
Top