Sejarah Atletik

syanugabrilla93

New member
Sejarah Atletik

Olah-raga menjadi kegiatan gerak tubuh utk melatih fisik atau jasmani kita. Berolahraga dilakukan dengan tujuan paling utama memberi kesegaran, kebugaran, serta kesehatan tubuh. Dalam perubahannya, olah-raga lalu dibedakan jadi beberapa jenis, salah satunya adalah atletik.

Makna atletik jelas tdk asing di telinga Anda dikarenakan kata itu benar-benar udah kerapkali disebutkan dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, tahukan Anda perihal sejarah olah-raga atletik tersebut? Berikut ini, gulalives akan membicarakan sejarah olah-raga atletik.

Pengertian Atletik

istilah “atletik” datang dari kata Yunani “athlon” yg berarti berlomba atau berlaga. Kita dapat menjumpai pada kata “penthalton” yg terdiri dalam kata “pentha” berarti lima atau panca dan kata “athlon” berarti lomba. Arti detailnya yakni “panca lomba” atau perlombaan yg terdiri dari lima nomor.

Seandainya kita mengatakan perlombaan atletik, pengertiannya yakni termasuk perlombaan jalan cepat, lari, lompat, dan lempar, yg dalam bahasa Inggris diucapkan dengan “track and field”. Kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti perlombaan yg dilakukan di lintasan (track) dan di lapangan (field). Makna “athletic” dalam bahasa Inggris dan “atletik” dalam bahasa jerman memiliki pengertian yg luas termasuk beraneka cabang olah-raga yg punya sifat perlombaan atau persaingan, termasuk juga renang, bola basket, tenis, sepakbola, senam dan lain-lain.

Sejarah Atletik Dunia

Atletik datang dari kata Yunani ialah Atlon, Atlun yg berarti persaingan atau perjuangan. Jadi atletik menurut Ensoklopedia Indonesia berarti persaingan dan olah-raga pada atletik. Atletik menjadi suatu Cabang olah-raga yang mempertandingkan lari, lompat, jalan dan lempar. Olah-raga atletik semula dipopulerkan oleh bangsa Yunani lebih kurang pada era ke-6 SM.
 
Back
Top