Contoh Surat Pernyataan Apapun Lengkap Cara Membuatnya

syanugabrilla93

New member
Pengertian Surat Pernyataan

Yg disebut dengan surat pernyataan yakni surat yg di bikin oleh seseorang yg di isi pernyataan dirinya atau menuturkan orang lain apabila orang itu pernah atau tdk pernah jalankan sebuah hal. Ada juga pengertian lain, ialah surat pernyataan yakni pernyataan tertulis yg memberikan kesediaan/kesanggupan seseorang atau kelompok utk menanggung seluruh efek yg tentang dengannnya.

Surat pernyataan yg menyangkut sisi hukum musti di tulis di atas kertas segel atau kertas umum yg di bubuhi materai. Dengan hal sama dengan itu juga ada pengertian apabila surat pernyataan yg menyangkut sisi hukum cuman di bikin oleh seseorang yg udah dewasa

Dalam kehidupan sehari-hari surat pernyataan acapkali di bikin oleh seseorang utk lengkapi surat lamaran pekerjaan atau utk keperluannya sehabis dia pendidikan atau bekerja dalam satu buah instansi khusus.

Dalam masalah dinas, seseorang pimpinan acapkali juga buat surat pernyataan yg memuat menuturkan perihal anak buah atau bawahannya. Surat pernyataan dinas miliki bentuk, manfaat, dan penataan yg relative sama dengan dengan surat informasi.

Kerap kali juga satu lembaga yg dapat menyeleksi pegawai baru memohon utk buat surat pernyataan. Dalam masalah seperti ini harusnya lembaga itu buat persiapan blangko surat utk di isi oleh beberapa peserta sebagai satu buah syarat-syarat. Pembuatan surat pernyataan bersifat blangko membuat jadi lebih mudah analisa isi surat yg masuk berkat semua miliki bentuk sudah lama.

Manfaat Surat Pernyataan Pribadi

a. Utk si penerima, surat pernyataan berfungsi sebagai alat bukti memohon pertanggungjawaban pihak yg menulis kalau ia menduduki, atau apa yg dinyatakannya ternyata tdk benar.

b. Utk si pembuat, surat pernyataan berfungsi sebagai alat bukti penguat utk diakui pihak lain, apabila dirinya sungguh-sungguh seperti apa yg dinyatakan dalam surat itu. Oleh maka itu surat lamaran pekerjaan utk pegawai negeri, kebanyakan dilampiri beraneka surat pernyataan.

c. Utk pihak yg dinyatakan, surat pernyataan berfungsi sebagai alat pengukuhan atau memperkuat situasi pihak yg diterangkan/dinyatakan, baik dalam situasi positif atau pun negatif. Kalau surat pernyataan itu di bikin oleh pihak lain.
 
Back
Top