Metabolisme Karbohidrat: Anabolisme dan Katabolisme Karbohidrat

syanugabrilla93

New member
Metabolisme Karbohidrat
Keseluruhnya reaksi kimia di dalam tubuh organisme yang melibatkan perubahan daya disebut juga metabolisme. Sebagai makhluk hidup, daya dapat di buat dari satu proses, atau satu proses jadi memerlukan daya.

Umumnya, daya dilepaskan ketika tubuh organisme memproses molekul kompleks jadi molekul yang sederhana. Proses itu dinamakan katabolisme.

Tentang proses pembentukan senyawa kompleks dari unsur-unsur penyusunnya dan reaksi itu memerlukan daya dinamakan anabolisme.

1. Katabolisme Karbohidrat
Katabolisme yaitu reaksi penguraian atau pemecahan senyawa kompleks jadi senyawa yang lebih sederhana untuk menghasilkan daya. Proses katabolisme yang terjadi pada makhluk hidup dibedakan jadi respirasi aerob dan respirasi anaerob.

Apakah yang membedakan respirasi aerob dengan respirasi anaerob?

Bersumber pada perubahan dayanya, reaksi kimia dapat dibedakan jadi reaksi eksergonik dan reaksi endergonik. Pada reaksi eksergonik, terjadi pelepasan daya.

Katabolisme yaitu reaksi eksergonik. Apabila daya yang dilepaskan berupa panas, disebut juga reaksi eksoterm. Tentang pada reaksi endergonik, terjadi penyerapan daya dari lingkungan.

Anabolisme termasuk reaksi endergonik karena memerlukan daya. Apabila daya yang digunakan berupa panas, disebut juga reaksi endoterm.

a. Respirasi Aerob

Respirasi memiliki maksud menghasilkan daya dari sumber nutrisi yang dimiliki. Semua makhluk hidup kerjakan respirasi dan tidak hanya berupa pengambilan udara secara langsung.

Respirasi dalam hubungan dengan pembentukan daya ditangani di dalam sel. Oleh karena itu, prosesnya dinamakan respirasi sel. Organel sel yang bertindak dalam melakukan pekerjaan pembentukan daya ini yakni mitokondria.

Respirasi termasuk dalam group katabolisme karena di dalamnya terjadi penguraian senyawa kompleks jadi senyawa yang lebih sederhana, diikuti dengan pelepasan daya. Daya yang kita gunakan dapat datang dari hasil metabolisme tumbuhan.

Oleh karena itu, tumbuhan yaitu organisme autotrof, yang mempunyai arti dapat membuahkan makanan sendiri. Tentang customer, seperti hewan dan manusia, yang tidak dapat siapkan makanan sendiri disebut juga organisme heterotrof.
 
Back
Top