Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

syanugabrilla93

New member
Faktor-Faktor yang Merubah Perkembangan serta Perubahan Tumbuhan
Sempatkah Anda memerhatikan perubahan dan perubahan tumbuhan yang ada di daerah tidak sama? Walau tumbuhan itu satu bentuk, perubahan dan perubahannya memerlihatkan perbedaan, bukan?

Masalah itu umum kita peroleh dibagian pertanian. Walaupun pada prinsipnya pohon kelapa dapat tumbuh dimanapun, tetapi hasil yang didapat akan bermacam apabila ditanam bertahap mulai dari daerah pantai (dataran rendah) hingga ke daerah pegunungan (dataran tinggi).

Iklim yang sama seperti diperlukan oleh tumbuhan agar dapat mengolah makanannya secara optimal dan didukung oleh kondisi tanah yang disebut dengan sumber makanan selama hidupnya.

Segi lingkungan yang mendukung, ditambah dengan potensi dari dalam tubuh tumbuhan yaitu paduan yang mengoptimalkan produktivitas tumbuhan. Dengan hal itu, ada dua hal yang miliki dampak atau aspek pada perubahan dan perubahan tumbuhan, yaitu :

1. aspek internal, umpamanya hormon yang mengontrol perubahan dan perubahan ;

2. aspek eksternal, umpamanya kondisi fisik kimia lingkungan, seperti panjang pendeknya hari, temperatur, sumber nutrisi, dan pencahayaan.

Jadi, dapat bisa dapat dikatakan bila perubahan dan perubahan yakni hasil dari hubungan pada segi internal (potensi genetik) dengan segi eksternal (kondisi lingkungannya).

Hilangnya perubahan satu organ atau jaringan makhluk hidup dapat karena oleh satu di antara segi di atas saja atau dapat karena oleh kedua-duanya.

Secara genetis, tumbuhan memiliki kloroplas. Walaupun itu, apabila tidak ada cahaya, kloroplas itu tidak akan terbentuk. Tidak terbentuknya kloroplas dapat karena oleh segi genetis dan segi lingkungan.

Kloroplas pada tumbuhan dapat tidak terbentuk karena tidak diproduksinya enzim yang diperlukan dalam pembentukan kloroplas atau karena lingkungan tidak siapkan cahaya atau mineral yang butuh dalam pembentukan kloroplas.
 
Back
Top