Pengertian, Fungsi, Faktor, dan Macam-Macam Bioma di Dunia

syanugabrilla93

New member
Pengertian serta Macam-Macam Bioma
Mari kita mengulas tentang beragam jenis Bioma yang ada didunia.

A. Pengertian Bioma
Bioma yaitu ekosistem yang terbentuk oleh karena kesamaan pada ciri-ciri geografis dan iklim. Bioma yaitu ekosistem-ekosistem yang besar dan luas yang terdiri dari himpunan flora dan faunanya yang khas. Proses pembentukan dan pembagian bioma didasarkan oleh perbedaan letak geografis dan astronomis. Umumnya, bioma terdiri atas produsen, customer, dan pengurai (decomposer) yang didalamnya terjadi siklus yang dimulai oleh tumbuhan.

Beberapa sisi bumi memiliki jumlah makhluk hidup dan tidaklah makhluk hidup dalam jumlah yang tidak sama, dan ini yaitu mendasar pembagian bioma. Susunan tumbuhan, bentuk daun, jarak antar tumbuhan, dan iklim juga yaitu aspek penentu bioma. Bioma sendiri tidak bisa dibedakan menurut genetic, taksonomi, atau kesamaan sejarah, tidak sama juga dengan zona flora dan fauna.

Di dalam bioma, banyak hewan dan tumbuhan yang memerlihatkan penyesuaian sama supaya dapat beradaptasi mereka dengan lingkungan tempat tinggalnya itu. Umpamanya seperti pohon kaktus yang memiliki duri dan daun sukulen, itu yaitu bentuk penyesuaian pada iklim gurun.

B. Manfaat Bioma
Beberapa ahli mengemukakan bila ada beberapa fungsi dikerjakannya pembagian beberapa daerah bumi jadi bioma-bioma khusus. Seperti yang udah dijelaskan dimuka, beberapa ahli membagikan beberapa bentuk bioma bersumber pada letak geografis dan astronomisnya. Beberapa manfaat itu yaitu :

Mempermudah untuk ditangani penyusunan satu populasi
Dapat di pahami beberapa bentuk tumbuhan dan hewan bersumber pada langkah hidupnya untuk menyesuaikan pada lingkungan
Mempermudah untuk kerjakan pendataan beberapa bentuk tumbuhan dan hewan
Karenanya ada pengelompokan, dapat memudahkan pengelompkan hewan serta tumbuhan yang baru diketemukan
 
Back
Top