Ciri-Ciri Protozoa: Bentuk Tubuh, Morfologi, Habitat, dan Kelas

syanugabrilla93

New member
Ciri Protozoa
Ciri-Ciri Protozoa : Bentuk Tubuh, Morfologi, Habitat. Protozoa secara umum dapat diterangkan bila protozoa yakni datang dari bhs Yunani, yaitu protos memiliki arti pertama dan zoon memiliki arti hewan. Jadi, Protozoa yakni hewan pertama. Protozoa yaitu group lain protista eukariotik. Kadang-kadang pada algae dan protozoa kurang jelas perbedaannya.

Biasanya Protozoa hanya dapat dilihat di bawah mikroskop.

Beberapa organisme mempunyai ciri-ciri pada algae dan protozoa. Sebagai contoh algae hijau Euglenophyta, selnya berflagela dan yaitu sel tunggal yang berklorofil, tetapi dapat alami kehilangan klorofil dan kemampuan untuk berfotosintesa. Semua spesies Euglenophyta yang bisa hidup pada nutrien komplek tanpa ada cahaya, beberapa ilmuwan memasukkannya dalam filum protozoa.

Umpamanya strain mutan algae genus Chlamydomonas yg tidak berklorofil, dapat dimasukkan dalam kelas Protozoa genus Polytoma. Hal sejenis ini yaitu contoh bagaimana sulitnya membedakan dengan tegas pada algae dan protozoa. Protozoa dibedakan dari prokariot karena ukurannya yang makin besar, dan selnya eukariotik.

Protozoa dibedakan dari algae karena tidak berklorofil, dibedakan dari jamur karena dapat bergerak aktif dan tidak berdinding sel, serta dibedakan dari jamur lendir karena tidak dapat bikin tubuh buah.

Bentuk badan
Biasanya kurang lebih 10-50 μm, tetapi dapat tumbuh sampai 1 mm, dan mudah dilihat di bawah mikroskop. Mereka bergerak di lebih kurang dengan cambuk seperti ekor disebut flagela. Mereka dimuka jatuh di bawah keluarga Protista. Melebihi dari 30. 000 bentuk udah diketahui. Protozoa ada di seluruh lingkungan berair dan tanah, tempati bermacam tingkat trophic.

Tubuh protozoa amat sederhana, yaitu terdiri dari satu sel tunggal (unisel). Namun, Protozoa yaitu system yang serba bisa. Semua pekerjaan tubuh dapat ditangani oleh satu sel saja tanpa alami tumpang tindih. Ukuaran tubuhnya antaran 3-1000 mikron. Bentuk tubuh beberapa jenis ada yang seperti bola, bulat memanjang, atau seperti sandal bahkan juga ada juga yang mempunyai bentuk tidak menentu. Ada pula memiliki fligel atau bersilia.
 
Back
Top