30 Motif Batik di Indonesia dari Berbagai Daerah dan Maknanya

syanugabrilla93

New member
Motif batik
Motif batik di indonesia. Luasnya lokasi Indonesia membuatnya mempunyai beragam bentuk motif batik dari beragam daerahnya. Mungkin saja sampai kini anda cuma tahu beberapa bentuk motif batik saja seperti motif Megamendung dari Cirebon. Namun sebenarny, motif batik di Indonesia melebihi dari itu. Berikut ini ini Bintang. com bakal tunjukkan beberapa bentuk motif baik dari beragam daerah di Indonesia. Cekidot!

Batik Bali Di pengaruhi oleh batik dari Jawa seperti batik Pekalongan. Dapat disebut, motif yang ada di Bali cukup berani bermain dengan warna jelas serta bervariatif.

Motif Batik dari daerah di Indonesia

Batik Banyumas

Motif yang ada di daerah Banyumas rata-rata mempunyai bentuk mirip tanaman. Baik itu bunga, daun, serta semacamnya. Meskipun ada beberapa pembuat batik di Banyumas yang bikin batik dengan motif yang tidak sama, batik Banyumas nyaris mempunyai persamaan dengan motif Jonasan.

Batik Madura

Pola batik Madura mempunyai kekhasan sendiri, yakni condong banyak bermain pada pola yang simpel. Tetapi pola ini dibuat serapi mungkin saja sampai membuahkan motif yang menarik. Motif madura condong meyukai warna yang cerah.

Batik Malang

Populer dengan warnanya yang condong cerah. Umpamanya warna hijau lantas ditimpa dengan warna putih atau bahan berwarna putih di timpa dengan merah. Rata- rata batik Malang mempunyai pola bunga serta tanaman.

Batik Pekalongan

Motif dari pekalongan di pengaruhi oleh kebudayaan Cina serta ukiran dari Cirebon yang dibawa oleh beberapa pedagang yang berkunjung di Kota Pekalongan. Ini terjadi lantaran letak kota Pekalongan amat strategis sekali sekedar untuk bermalam. Motif yang ada di pekalongan dibagi jadi 7 motif mereka yaitu jlamprang, buketan, jelas bln., semen, pisan bali, lung-lungan serta sekar jagad. Sedang bentuk motifnya lebih mirip bunga, binatang, serta dedaunan.
 
Back
Top