Pengertian Agama Menurut Ahli dan Fungsi Bagi Kehidupan

syanugabrilla93

New member
Pengertian Agama
Pengertian agama dilihat dari perspektif agama, umur agama setua dengan usia manusia. Tidak ada satu beberapa orang manusia yang hidup tanpa satu bentuk
agama. Agama ada pada dasarnya yaitu aktualisasi dari keyakinan tentang ada kekuatan gaib dan supranatural yang biasanya disebut sebagai Tuhan dengan seluruh konsekwensinya.

Atau sebaliknya, agama yang ajaranajarannya teratur dan tersusun rapi serta telah baku itu yaitu usaha untuk melembagakan sistem kepercayaan, bangun sistem nilai kepercayaan, upacara dan seluruh bentuk ketetapan atau kode etik yang berupaya mengarahkan penganutnya memperoleh rasa aman dan tentram.

Karena inti pokok dari semua agama yakni kepercayaan tentang adanya Tuhan, tengah persepsi manusia tentang Tuhan dengan semua konsekwensinya beranekaragam, agama-agama yang dipercaya manusia didunia ini dapat beragam jenis juga. Karena kondisi seperti berikut ini Mukti Ali mengemukakan :

Mungkin saja tidak ada kata yang paling sulit diberi pengertian serta pengertian tidak cuma dari kata agama. Paling sedikit ada tiga alasan untuk hal sejenis ini. Pertama, karena pengalaman agama itu yakni permasalahan batini dan subyektif, juga sangat individualistik…. Alasan ke-2, bila mungkin saja tidak ada orang yang bicara sekian semangat dan emosional lebih dari pada membahas agama… dalam membahas tentang arti agama selalu ada emosi yang kuat sekali hingga sulit berikan arti kalimat agama itu…. Alasan ketiga, bila rencanasi tentang agama akan dipengaruhi oleh maksud orang yang berikan pengertian agama itu.

Mengenai arti agama secara etimologi ada perbedaan pendapat, salah satunya ada yang mengemukakan bila kata agama datang dari bhs sansekerta yang terdiri dari dua suku kata yaitu : “a” berarti tidak dan “gama” berarti kacau, jadi berarti tidak kacau.
 
arti sebenarnya agama bukan di-potong lalu disesuaikan ke kamus. gama di sanskirt artinya "aturan". ntar a==tidak, arti agama identik "tidak aturan"!
Agama harfiah bahasa indonesia maksudnya suatu anutan/kepercayaan yg punya dasar autentik kitab/buku. Kepercayaan tanpa kitab bukan agama namanya. karena didalam kitab tsb ada kalimat2 yg bisa dipelajari benar tidaknya juga sama isi tetap dalam kurun selama ada agama tsb. Kitab isinya berubah/lain berarti terdapat pecahan/sekte dari agama tsb.

- n1 -
cxixixi... cuma kira2. aku bukan ahli agama juga bahasa. interpreter jadi suka-suka aku!
 
Back
Top