Pengertian Gambar Ilustrasi, Contoh, dan Cara membuatnya

syanugabrilla93

New member
Pengertian gambar Ilustrasi
Pengertian Gambar Ilustrasi yakni hasil dari satu tulisan berupa lukisan, drawing, fotografi atau teknik seni rupa yang lain yang lebih mengutamakan hubungan subyek dengan tulisan yang disebut dengan di banding dengan mempunyai bentuk.

Maksud dari pada ilustrasi yaitu untuk memperjelas, memperkuat, memperindah, memperkaya, menyatakan, menghiasi atau menerangkan satu cerita, puisi, tulisan, maupun terdaftar yang lain. Harapannya dengan menggunakan media bantu visual, tulisan itu lebihh gampang di proses.

Ilustrasi yang baik yakni ilustrasi yang bisa bantu dan merangsang si pembaca untuk berimajinasi mengenai cerita. Ilustrasi cukup bantu dalam tahu narasi dan tingkatkan imajinasi.

Sejarah gambar ilustrasi
Inspirasi ide konsep ilustrasi bisa diliat kembali ke masa-masa silam melalui lukisan dinding prasejarah dan inspirasi ide konsep tulisan hierioglif.

Masa-masa keemasan ilustrasi Amerika Serikat jalan pada th. 1880, setelah perang dunia I. Hal sejenis ini terjadi berbarengan dengan populernya surat berita, majalah, dan buku berilustrasi yang amat mungkin saja ada eksperimen teknik oleh senimannya. Saat berikut ini banyak ilustrator sebagai kaya dan popular. Tema yang banyak keluar yakni input bangsa Amerika saat itu.

Di Eropa, seniman pada masa-masa keemasan dipengaruhi oleh group Pre-Raphaelite dan beberapa gerakan yang mempunyai tujuan pada design seperti Arts and Crafts Movement, Art Nouveau, dan Les Nabis. Umpamanya Walter Crane, Edmund Dulac, Aubrey Beardsley, Arthur Rackham dan Kay Nielsen.

Pada masa-masa sekarang, ilustrasi semakin berkembang dengan penggunaan banyak software pembantu sepertiAdobe Illustrator, Photoshop, CorelDraw, dan CAD. Namun ilustrasi tradisional yang di buat dengan tangan tetap memiliki nilai yang tinggi.

Di Indonesia, sejarah rutinitas ilustrasi dapat merujuk pada lukisan gua yang ada di Kabupaten Maros, provinsi Sulawesi Selatan dan di pulau Papua. Jejak ilustrasi yang berumur hampir 5000 th. itu menggambarkan tumpukan jari tangan berwarna merah terakota. Tidak cuma lukisan gua, wayang tutur dalam hiburan tradisional Jawa dan Bali dilihat sebagai ilustrasi yang merepresentasikan alur cerita narasi Mahabarata, rutinitas yang lebih kurang keluar bersamaan dengan berdirinya kerajaan Sriwijaya yang berdasar agama Hindu di Pulau Sumatera segi Selatan.
 
Back
Top