Konsep Kelompok Sosial Budaya

syanugabrilla93

New member
Konsep Kelompok Sosial Budaya
Grup sosial budaya yaitu lingkungan hidup sosial budaya yang mempunyai bentuk, langkah hidup, serta maksud spesifik. Dalam pengertian itu, bisa ditulis 4 (empat) unsur paling utama ide konsep grup sosial budaya, atas mendasar mana keluar bermacam type grup sosial budaya.

Ke empat unsur paling utama itu yaitu :

Lingkungan sosial budaya,
Bentuk sosial budaya
Langkah hidup sosial budaya
Maksud sosial budaya

Lingkungan Sosial Budaya
Lingkungan sosial budaya yaitu beberapa manusia yang hidup berkelompok serta sama-sama berhubungan secara teratur manfaat penuhi kebutuhan berbarengan. Manusia yaitu makhluk ciptaan Tuhan yang paling prima lantaran dibekali dengan budaya. Supaya manusia serta budayanya itu bisa berkembang dengan prima, dia mesti hidup berbarengan dengan manusia lain, yang disebut juga hidup bermasyarakat (makhluk sosial).

Hidup bermasyarakat adalah langkah menggunakan budaya dengan berhubungan secara teratur pada sesamanya, hingga kebutuhan berbarengan bisa tercukupi secara lumrah serta prima. Kedisiplinan ini terwujud lantaran masing-masing dari mereka memiliki persepsi penilaian yang sama pada diri serta keperluan yang mereka kehendaki. Dengan hal tersebut, mereka memiliki nilai kemanusiaan yang sama serta sama-sama menghormati.

Bentuk Sosial Budaya

Bentuk sosial budaya tujuannya tiap grup sosial budaya memiliki batas- batas yang sudah ditetapkan bersumber pada type grup, yang membedakannya dengan grup yang lain. Type grup tradisional alamiah serta paling modern. Type grup tradisional alamiah didasarkan pada kesatuan geografis, ikatan perkawinan serta hubungan darah, sedang type grup modern didasarkan pada kebutuhan yang sama serta ketrampilan profesional.

Dengan hal tersebut ada 4 (empat) jenis type grup sosial budaya :

Type grup sosial budaya bersumber pada kesatuan geografis, seperti desa, kota daerah aliran sungai, daerah pantai serta daerah pegunungan.
Type grup sosial budaya bersumber pada ikatan perkawinan serta hubungan darah, seperti keluarga serta keluarga besar.
Type grup sosial budaya bersumber pada kebutuhan yang sama dengan Koperasi, Instansi Swadaya Orang-orang (LSM) dan Yayasan.
Type grup sosial budaya bersumber pada ketrampilan profesional, seperti grup profesi serta grup entrepreneur.
 
Back
Top