Panahan Olahraga Sunnah nan Menyehatkan

Oncoman

New member
Pengerrtian Panahan

Panahan dulunya merupakan alat berburu dan alat untuk bertahan hidup. Namun seiring berkembangnya jaman, sekarang panahan terdaftar sebagai cabang olahraga yang dilombakan di Olimpiade.

Panahan merupakan sebuah aktifitas menggunakan busur panah untuk menembakkan anak panah. Bukti sudah menunjukan panahan telah dimulai sejak kira-kira 5.000 tahun lalu. Pada awalnya, olahraga panahan difungsikan untuk berburu sebelum berkembang sebagai senjata dalam pertempuran dan kemudian menjadi olahraga ketepatan.

Di masa sekarang, sangat mudah apabila kita hendak membeli panahan karena sudah banyak toko yang secara resmi menjual alat panahan dengan berbagai jenisnya. dasar dari panah ini sudah didominasi oleh plastic, karbon, material sintetik atau berupa bahan campuran

Nomor, Peraturan, dan Lapangan Panahan
1. Nomor Olahraga Panahan
a. Nomor Olahraga Tradisional, busur terbuat dari bahan kayu utuh. Olaraga yang dilakukan panahan Outdoor. Dilakukan dengan posisi duduk dan target menyesuaikan.
b. Nomor Olahraga Nasional, busur terbuat dari bahan kayu dan bambu, peraturan lainnya sama dengan nomor Olahraga Internasional.
c. Nomor Olahraga Internasional, busur terbuat dari bahan sintesis.
Selanjutnya dibedakan lagi menurut jenis lapangannya yakni indoor atau outdoor. Pada nomor Olahraga internasional dibedakan lagi menurut jenis busurnya yakni nomor recurve dan nomor compound.
2. Peraturan Olahraga Panahan
Recurve, Compound dan standar Bow: Untuk jarak jauh menembakkan 6 anak panah, sebanyak 6 seri. Jadi total hasilnya dikalikan 6. Dan untuk jarak 50 dan 30 meter, harus menembakkan anak 3 anak panah dikali 12. Penilaian ini berlaku untuk semua ronde.
3. Lapangan Olahraga Panahan
Lapangan panahan melibatkan pemotretan di berbagai sasaran (dan sering yang ditandai) jarak salah satu tujuan dari lapangan panahan adalah untuk meningkatkan teknik dan kemampuan yang di perlukan untuk blowhunting yang lebih realistis di luar pengaturan.

Ihsan

Pengertian Memanah dan sejarahnya

tipe gerak badan melempar kan panah dengan busur pada objek tertentu disebut panahan (archery). Tapi panahan tak hanya sekedar sport. sudah ribuan tahun individu menggunakan kemampuan memanah sebagian besar untuk konflik dan untuk berburu makanan. Bahkan saat ini mencari makanan dengan panah ialah aktivitas yang masih sangat tenar.

Panah

Pada kurun waktu prasejarah dan kurun waktu kuno, banyak manusia di Eropa, Asia, Afrika, dan Amerika membuat gandi dan anak panah. busur yakni salah satu senjata pokok dalam berperang dan berburu. orang Mesir kuno, Yunani, dan China juga mengandalkan panahan sebagai olahraga.

anak adam Hun, Turki, Mongol, dan golongan lainnya memakai gandi dan panah untuk pertikaian pada naik di atas kuda. kemampuan mereka sebagai pemanah ulung menjadikan mereka menaklukkan sebagian besar wilayah Asia.

prajurit Inggris mulai memakai gendewa besar yang disebut longbow pada tahun 1300-an. Longbow membantu mereka memenangkan Permusuhan militer besar melawan Perancis. gendewa terkemuka lainnya di Eropa pada saat itu yakni crossbow. Crossbow merupakan anak panah kecil dan kuat yang ditempelkan melintang pada sepotong kayu. Crossbow mempunyai alur khusus untuk panduan panah di atas kayu dan tuas untuk menarik dan melepaskan tali gendewa.

Di Eropa, senapan memakai panah dan panah sebagai senjata militer pokok di tahun 1500-an. pasukan di dunia dizaman sekarang sebagian besar sudah menggunakan senjata api. Namun, banyak individu masih mengandalkan gandi dan panah untuk mencari makan. Panahan juga telah tumbuh sebagai latihan jasmani kontrovensional. Pada awal tahun 1900-an, panahan menjadi cabang gerak badan Olimpiade.

Ahmad
Sejarah Panah di Indonesia

Secara naluriah, manusia dari zaman Purba selalu membutuhkan pangan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kelangsungan hidup mereka. Pada awalnya, konsumsi mereka terdiri atas tumbuh-tumbuhan atau makhluk lain. Tentu saja langsung di makan, tanpa diolah terlebih dulu. Hal ini terjadi akibat otak manusia paling primitif ini sangat kurang, maka mereka belum memiliki kepandaian.
Pada zaman kemudian, manusia mulai berevolusi.

panjang badan sudah sekitar 1,25 meter dengan berat kira-kira 25 kg. Australopithecus, salah satu golongan manusia purba, memiliki besaran otak sekitar 500 cc. Makhluk ini diidentikkan dengan 'manusia monyet '.
kira-kira 2,5 juta tahun lalu, lahir 'manusia kera' tipe lain, yakni Pithecanthropus. Otaknya sudah bertambah gede, paling kurang 750 cc. Cikal bakal makhluk modern adalah Homo, dengan isi otak 1.000-2.000 cc.

berkat otak semakin besar, maka mereka sudah memiliki kepandaian membuat alat dalam bentuk yang paling biasa. Alat ini digunakan untuk memburu binatang. Salah satu media berupa panah, yakni sebatang kayu yang di rakit mengenakan tali dan sebuah busur panah.

Masbidin

Anjuran Memanah
Adalah wajar apabila seseorang menggali sesuatu yang dapat menenangkan hatinya. Sesuatu yang berupa hal-hal menghibur, sekaligus sebagai obat untuk rutinitas dan beban pikiran yang memenatkan. Tetapi, mayoritas hiburan yang kita pilih itu terbilang hiburan yang sia-sia, banyak yang melenakan dari ketaatan, dan ada juga yang secara terang bernilai sebagai perbuatan dosa. Orang pandai akan menjatuhkan opsinya pada kegiatan yang sanggup mengumpulkan dua kebutuhan tersebut, hati bisa terhibur, tetapi tetap memiliki nilai pahala, tidak dianggap laghwun dan sia-sia. Apa itu?
Nabi SAW bersabda:
" Setiap permainan laghwun yang dilakukan seorang muslim adalah bathil, kecuali ketika dia melemparkan panah dengan busurnya, ketika ia melatih kudanya, dan bercanda dengan istrinya. Ketiga hal ini adalah al-haq."( HR Tirmidzi, beliau berkata, "hadits hasan shahih.").
Memanah, Hiburan yang Menghantarkan ke Jannah
Belajar memanah merupakan kegiatan yang menghibur, permainan yang mengasyikkan, tetapi tidak dianggap laghwun dan serta kurang berfaedah. ada banyak sekali dorongan Nabi SAW kepada umatnya supaya berlatih memanah.
Di antaranya sabda Nabi saw,.
untuk menciptakan mata panah ini yaitu batu gamping. Seluruh permukaan diselesaikan dengan sangat teliti. Pada belahan pucuk dan tajamannya ditatah dari dua segi maka mendapatkan ketajaman yang berbiku-biku ataupun bergerigi.
" Sesungguhnya Allah akan memasukkan tiga orang ke dalam jannah karena satu anak panah, orang yang membuatnya dengan tujuan baik, orang yang melemparkannya dan orang yang menyiapkannya. Hendaklah kalian memanah dan berkuda, sedangkan memanah lebih aku sukai daripada berkuda." (HR Tirmidzi, beliau mengatakan, hadits hasan shahih).
Ada pahala kepada yang menghasilkan panah, terdapat ganjaran untuk yang mendamparkan panah, dan dijamin surga siapa saja yang menyiapkan anak panah pada yang akan memanah, dan tidak mubazir pula siapa saja yang menarik langkah untuk mendapatkan anak panah dari tempat incaran ketika belajar. Inilah sisi yang tidak tergantikan dari keutamaan memanah, meskipun dalam banyak hal fungsi panah bisa diganti dengan senjata-senjata modern.

Yusuf.

Manfaat Memanah dari Segi Psikis.

Membuat Percaya Diri & Positive Thingking
Selalu berpikir Positif secara tidak langsung akan terterap dalam diri Anda jika Anda seorang pemanah, karena panahan membutuhkan rasa percaya diri yang tinggi dalam diri untuk dapat menaklukan sasaran anak panah. Hal ini membuat Anda terlatih untuk menjadi pribadi yang pantang menyerah serta tangguh

Melatih Konsentrasi
Membidik anak panah tepat ke sasaran merupakan cara anda melatih konsentrasi dalam diri. Anda harus dapat menguasai diri Anda dan membidik sasaran dengan tepat agar lesatan anak panah tidak akan meleset. Apabila Anda telah rutin melatih konsentrasi dalam diri anda maka manfaat panahan akan berdampak positif dalam kehidupan Anda setiap waktu, misalnya konsentrasi saat mengerjakan pekerjaan kantor atau mengambil keputusan hingga hasilnya maksimal.

Membuat Anda Lebih Sabar
Ini sangat penting, saat Anda melakukan panahan, kesabaran Anda akan teruji melalui melemparkan anak panah secara berulang-ulang sampai menuju titik sasaran yang tepat. Utamanya bagi orang yang baru mencoba, olahraga ini memerlukan kesabaran ekstra hingga Anda terbiasa dan menjadi jago. Kalau sudah demikian, tidak hanya mahir dalam urusan memanah, dalam kehidupan sehari-hari pun tentu Anda akan berubah menjadi individu yang lebih wise dan sabar dalam mendapati serangkaian problem kehidupan.

hilman.

Olahraga panahan belakangan ini sudah semakin diminati, hal tersebut disebabkan adanya anjuran dari Hadist Nabi yang menganjurkan kepada ummat islam untuk melakukan beberapa kegiatan olahraga yang diantaranya berupa anjuran untuk melakukan olahraga memanah.
Syarat untuk melakukan olahraga panahan yaitu terdapat panah berikut dengan anak panahnya. Dalam olahraga panahan yang menggunakan sasaran, para peserta memanah sejumlah papan lingkaran yang menjadi tujuan tembaknya dengan jarak yang sudah ditentukan.
Terdapat patokan dalam menentukan besar kecilnya poin yang didapatkan yaitu berdasarkan jarak dari titik pusat tempat pemanah tersebut berdiri.
Ukuran lapangan yang biasa dipakai untuk olahraga panahan haruslah memenuhi persyaratan. Adapun untuk peserta laki- laki dan perempuan dipisahkan dengan ukuran lebar 5 meter. Tiang penopang sasaran diberi nomor dan dipancangkan ke dalam tanah dengan kuat. Terdapat 1 sampai 3 (biasanya 2) sasaran dalam tiap lajur yang harus dikasih tanda dengan jelas. Untuk jarak membidiknya para pemanah laki- laki dan pemanah perempuan dibedakan Laki- laki 90, 70, 50. 30 m dan untuk perempuan 70, 60,:0 30 m.
 
Back
Top