Pengertian, Struktur dan Fungsi Limpa

syanugabrilla93

New member
Limpa melayani peran perlu dalam manfaat kekebalan tubuh lantaran memurnikan darah serta bantu system kekebalan tubuh untuk mengetahui serta menyerang patogen asing serta alergen. Limpa terbagi dalam pulpa merah serta pulpa putih. Pulpa putih menghasilkan serta tumbuh beberapa sel kekebalan tubuh dan beberapa sel darah. Di segi lain, pulpa merah bertanggungjawab untuk memurnikan darah serta menyingkirkan beberapa sel darah mati atau tua

PENGERTIAN LIMPA
Limpa yaitu organ yang bertanggungjawab untuk penyimpanan serta pemurnian sel darah merah. Limpa diposisikan di perut sisi atas kiri, serta adalah organ paling besar dari system limfatik.

Limpa atau disebut juga dengan dengan Lien atau Spleen, adalah satu diantara organ jaringan limfatik dengan massa lunak yang terdapat dibagian kiri atas rongga abdomen (rongga perut), di antara diafragma serta gaster (lambung). Limpa adalah kelenjar tanpa saluran (ductless), berperan untuk memecah serta megurai sel darah merah (filter darah) dan bertindak dalam system imun manusia. Limpa termasuk juga satu diantara organ system limfoid, tidak hanya timus, tonsil, serta kelenjar limfe. System limfoid tersebut berperan membuat perlindungan tubuh dari rusaknya akibat zat asing. Beberapa sel pada system ini di kenal dengan sel imunokompeten yakni sel yang dapat membedakan sel tubuh dengan zat asing serta lakukan perusakan benda-benda asing. Sel imunokompeten terdiri atas :

sel paling utama bergerak, yaitu sel limfosit serta makrofaga, dan
sel paling utama menetap, yaitu retikuloendotel serta sel plasma
Limpa mempunyai warna kemerahan, serta adalah satu massa limfoid paling besar didalam tubuh. Limpa berupa lonjong serta memiliki ukuran sebesar kepalan tangan manusia. Limpa mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, tetapi limpa bukanlah adalah organ vital untuk tubuh, limpa tidak demikian memiliki arti untuk keberlangsungan hidup manusia (seseorang manusia masihlah dapat bertahan hidup tanpa ada limpa).
 
Back
Top