Teknologi Plasma Bukan Sekedar Pengganti Cat Plastik Primer

luckysucipto

New member
AO-TEKNIK – Banyak yang salah memahami teknologi plasma sementara sebagian yang lain masih belum mengenal apa itu teknologi plasma. Teknologi ini banyak digunakan untuk menggantikan fungsi cat plastik primer. Dengan memodifikasi permukaan benda yang ingin dicat dengan teknologi plasma maka cat plastik primer tidak lagi dibutuhkan. Tentu saja fungsi teknologi plasma tidak hanya sekadar menggantikan cat plastik primer.

Teknologi plasma didasarkan pada prinsip fisika sederhana. Ketika mendapat energi maka benda akan berubah bentuk atau wujud dari padat menjadi cair kemudian menjadi gas. Nah, ketika benda atau materi berwujud gas diberikan tambahan energi listrik maka materi tersebut akan terionisasi kemudian berubah menjadi plasma. Materi dalam wujud plasma memiliki tingkat energi yang tinggi namun tidak stabil. Ketika plasma berinteraksi dengan material padat seperti plastik atau metal, ketidakstabilan ini akan bereaksi dan memodifikasi permukaan benda yang bersentuhan dengan plasma tersebut.

week_9.jpg

Industri menggunakan prinsip ini untuk memodifikasi karakteristik permukaan. Permukaan benda yang diinginkan akan dibiarkan berinteraksi dengan plasma pada ruang vacuum hingga mendapatkan karakteristik yang diinginkan. Teknologi plasma membuat industri menjadi lebih ramah lingkungan. Dengan memodifikasi permukaan berarti cat atau perekat kimia yang biasa digunakan dapat dikurangi bahkan dihindari sama sekali. Begitu juga dengan penggunakan bahan kimia untuk melapisi permukaan sebelum dicat atau mengalami proses lebih lanjut.

Pada akhirnya penggunaan teknologi plasma akan mengurangi limbah beracun hasil industri. Manusia membutuhkan perjalanan panjang untuk memahami kalau tidak semua sampah atau limbah dapat terselesaikan dengan proses pembakaran terutama limbah beracun hasil industri. Tidak hanya karena teknologi plasma akan mengurangi penggunaan bahan kimia seperti cat dan larutan yang sudah disebutkan sebelumnya, teknologi ini juga memungkinkan untuk mengubah struktur kimia limbah beracun menjadi material yang tidak beracun bahkan berguna. Terdengar seperti mimpi untuk saat ini tapi para ahli sedang mengembangkan kemungkinan ini.

Walau terdengar utopis tapi kemungkinan ini memastikan kalau teknologi plasma tidak hanya digunakan sebagai pengganti cat plastik primer melainkan memiliki berbagai kegunaan lain yang luar baisa dan mampu mengubah wajah industri dan suatu hari akan mengubah dunia. AO Teknik dengan dukungan Diener Electronic menghadirkan teknologi plasma dengan berbagai kemudahannya untuk berbagai kebutuhan Anda.

sumber
 
menarik. menarikkk...
lagi ngekhayal gimana orang bisa dirubah jadi plasma lalu dikirim pakai WA ke amerika.
gak sampai 2 menit udah bisa menikmati dunia holly disana.
 
Back
Top