Manfaat Cerita Dongeng Anak untuk Perkembangan si Kecil

khadafi01

New member
Manfaat%2BCerita%2BDongeng%2BAnak%2Buntuk%2BPerkembangan%2Bsi%2BKecil.png

Ada banyak cara untuk memberikan pengetahuan dan pelajaran kepada anak-anak. Tidak harus selalu dengan memberikan nasehat langsung. Melalui cerita dongeng anak, para orangtua bisa memberikan berbagai nasehat secara tidak langsung. Bahkan melalui cerita dongeng anak-anak bisa mempelajari nilai-nilai moral tertentu melalui alam bawah sadarnya. Nilai-nilai yang diberikan melalui sebuah dongeng bisa jadi lebih melekat dan terinternalisasi dalam diri seorang anak. Tentu dengan menyadari hal itu pula pemilihan cerita dongeng juga harus hati-hati. Orangtua yang akan memberikan cerita dongeng untuk anak harus terlebih dahulu membaca dan memahami makna yang mungkin saja diterima salah oleh anak. Pastikan cerita dongeng yang dibawakan memberikan nilai baik yang dapat diterima dengan mudah oleh anak. Jika ada bagian yang memperlihatkan nilai buruk maka bisa dijelaskan oleh orangtua dengan bahasa yang dimengerti oleh anak. Misalnya saja cerita dongeng Si Kancil yang jika tidak hati-hati bisa disalahartikan oleh anak.

Cerita dongeng dapat memberikan banyak manfaat untuk anak. Jika saat ini kebiasaan mendongeng sudah semakin jarang dilakukan, maka setelah mengetahui berbagai manfaatnya semoga kita bisa semakin tergugah untuk kembali membiasakannya dalam kehidupan keluarga, lebih tepatnya untuk anak. Lalu apa saja manfaat cerita dongeng anak selain dapat memberikan pelajaran nilai-nilai moral untuk anak? Pertama, cerita dongeng dapat mengembangkan daya imajinasi anak. dengan cerita yang dibawakan oleh orangtua, anak-anak hanya bisa membayangkan gambaran visualnya di benak mereka saja. Justru inilah yang bisa membuat daya imajinasi anak berkembang. Kedua, meningkatkan ketrampilan dalam berbahasa. Cerita tentu dirangkai dengan bahasa dan diksi tertentu. Dengan terbiasa mendengar rangkaian bahasa dalam sebuah dongeng tentu dapat meningkatkan ketrampilan berbahasa anak.

Ketiga yaitu menigkatkan minat baca anak. Membaca sangat penting bagi semua orang. Walau pentingnya membaca disadari semua orang namun kadang yang menjadi hambatannya adalah rendahnya minat baca. Dengan membiasakan sejak kecil maka seseorang bisa memiliki minat baca tinggi saat tumbuh dewasa. Itulah beberapa manfaat cerita dongeng untuk anak. Selain cerita dongeng yang bermanfaat, moment orangtua menceritakan cerita dongeng anak pun dapat meningkatkan kedekatan antara orangtua dan anak. Ditemani teh Sariwangi, ibu dan ayah bisa bersama-sama memberikan cerita dongeng untuk si kecil. Hangatnya keluarga akan tercipta dari moment seperti ini.
 
dogeng ini sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang ana kita gan, apalagi dibacakannya sebelum tidur, itu akan membuat pikiran anak kita jadi tenang dan bisa berimajinasi gan,, cerita atau dogeng sebelum tidur merupakan salah satu bentuk untuk mengkondisikan pikiran anak kecil gan,
 
Back
Top