Kolaborasi Managed Service Provider dan Cloud Computing

raihankhalidah

New member
VIBICLOUD – Cloud computing tidak berhenti untuk berinovasi dan berkolaborasi dengan berbagai industri yang ada. Salah satu kolaborasi yang menarik untuk dijajaki adalah kolaborasi teknologi ini dengan managed service provider. Managed Service Provider yang disingkat MSP merupakan perusahaan yang membantu perusahaan lain untuk mengelola berbagai kebutuhan departemen IT perusahaan yang bekerjsama dengan mereka. Sekarang ini semakin banyak perusahaan yang tertarik untuk menggunakan jasa MSP untuk meringankan beban perusahaan dan sumberdaya yang ada dialihkan untuk berkonsentrasi mengembangkan perusahaan.

Week_24.jpg


Untuk meningkatkan layanan, perusahaan MSP mulai tertarik menggabungkan layanan yang mereka miliki dengan cloud computing. Alasannya tentu saja karena cloud service provider menawarkan berbagai kemudahan dan keuntungan.

Ini beberapa kolaborasi antara MSP dan cloud computing:

Reselling layanan cloud computing. Ini adalah bentuk kolaborasi paling sederhana yang mungkin dilakukan oleh perusahaan MSP. Perusahaan MSP hanya menjual kembali layanan cloud computing dari raksasa penyedia cloud computing seperti Microsoft Azure.

Mengelola dan mengoptimalkan layanan dengan memanfaatkan cloud computing. Pada dasarnya, perusahaan MSP merupakan perusahaan dengan layanan utama pengelolaan departemen IT perusahaan lain. Nah, optimalkan pengelolaan dengan menggunakan cloud computing. Misalnya, jika dulu perusahaan MSP mengelola kebutuhan software atau aplikasi perusahaan secara on premis maka sekarang dapat dilakukan melalui cloud computing dengan jaminan update secara otomatis tanpa mengeluarkan biaya tambahan. Contoh lain menggunakan cloud computing sebagai tempat menganalisa rencana dan kebutuhan perusahaan yang tertarik untuk menggunakanaan perusahaan MSP. Jangan lupa salah satu kelebihan cloud computing adalah lingkungan ini cocok sebagai lingkungan untuk mengembangkan aplikasi atau menganalisa data dalam jumlah besar.

Membantu klien untuk bermigrasi ke cloud computing. Ya. Ini adalah kolaborasi yang mungkin terjadi antara perusahaan MSP dan cloud computing. Tidak berhenti sampai mengoptimalkan layanan dengan bantuan cloud computing, perusahaan MSP juga dapat menjadi jembatan antara perusahaan dan cloud computing. Perusahaan MSP dapat menambahkan membantu migrasi ke cloud computing sebagai layanan terbaru. Perusahaan tentu akan mempercayai perusahaan MSP yang selama ini membantu mereka mengelola berbagai kebutuhan departemen IT mereka dan tentu akan lebih nyaman untuk bekerja sama dengan perusahaan MSP yang sudah dikenal. Ini tidak hanya kolaborasi terbaik tetapi juga yang paling menguntungkan.

Jika tertarik dengan cloud computing, jangan ragu untuk menghubungi Vibicloud yang merupakan satu-satunya partner Microsoft Azure di Indonesia.

Sumber
 
Back
Top