Kisah Cikal Bakal Suksesnya Distro UNKL347: Antara Semangat dan Idealisme

eniehandyas

New member
177386521c6f45af8b5f536cf2990946_6.jpg


Jika kamu mengaku anak muda kekinian, apakah kamu kenal dengan merk UNKL347? Ya, produk UNKL 347 merupakan salah satu dari beragam distro yang populer di Indonesia. Distro UNKL347 adalah clothingline yang menjadi pelopor dari pertumbuhan industri distro beberapa wilayah di Indonesia.

Apalagi di daerah jakarta, semakin banyak orang yang terjun ke dunia bisnis ini. Bisnis bikin kaos murah memnag sedang digandrungi oleh mereka yang menyukai dunia kaosi. Sebab kaos termasuk kebutuhan primer bagi banyak orang.

UNKL347 berdiri pada tahun 1996, sejak tahun itu UNKL347 sudah melakukan banyak perkembangan. Sampai saat ini UNKL347 telah memperoleh berbagai kesuksesan. Penasaran cerita di balik berhasilnya produk UNKL347 ini?
Mari simak tulisan di bawah ini ... Owner UNKL347
UNKL347 dibangun oleh Dendy Darman, Arifin Windarman, Anli Rizandi dan Lucky Widiantara. Merk UNKL347 bermula dari Dendy yang berhasil masuk kuliah di Fakultas Seni Rupa, Insitut Teknologi Bandung (ITB) sekitar tahun 1990 an.

Dandy mendapat jurusan Seni Grafis yang saat ini berganti menjadi jurusan Desain Komunikasi Visual. Mulai dari jurusan inilah ia memiliki passion dalam desain mendesain. Lalu Ia mulai merintis untuk membangun sebuah clothingline.

Alasan Dinamakan UNKL347
Cikal Bakal clothingline ini diberi nama UNKL347 Usut punya usut, karena pada saat itu Dandy hidup di rumah kos yang berada di jalan Dago nomor 347. Di rumah inilah, berbagai band indie sekaligus komunitas pecinta desain grafis sangat sering berkumpul. Nomor 347 lah yang menginspirasi Dandy memberi label 347boadrider. co

Selanjutnya, kediaman di jalan Dago dengan nomor 347 itulah yang menjadi saksi bisu dari awal mulanya kisah perjalanan panjang label distro UNKL 347. Di tahun 1996, Dandy bersama rekan-rekannya setuju untuk mendirikan usaha kaos kecil-kecilan. Mereka menyetujui untuk menamai 347boardride. co

Berlanjut pada tahun 2003, label 347. boardrider.co ini beralih nama. Tahun 2002 clothingline ini menjalani lebih banyak perubahan yang sangat pesat. Hingga satu tahun kemudian, yakni di tahun 2003 mereka mengganti tag dengan nama 347/eat yang menggunakan konsep propaganda pada desainnya.

Pada tahun 2006 akhir, consume dihapus dan digant i dengan UNKL347. UNKL347 ini digunakan sebagai sebutan umur yang sudah melewati 10 tahun. After 10 years, friends call us uncle, begitulah tagline dari label ini. Nomor 347 ini yang jelas tak bisa dilepaskan dari nama clothingline ini meski namanya mengalami pergantian.

Rahasia Berhasilnya UNKL34 Antara Semangat dan Idealisme

Setelah dua dasawarsa bergulat di dunia bisnis distro, sebenarnya UNKL347 dibangun bukan tanpa dasar. Kunci keberhasilan atau idealisme yang selalu dicengkram oleh Dendi yakni memiliki kejujuran, sepemikiran dengan pasar.

Arti dari sepemikiran dengan pasar adalah bahwa ia berusaha menjadi diri sendiri yang ditakjubi dan mempengaruhi. Hampir seluruh orang tahu UNKL347 telah mendirikan suatu pasar baru.

Sebuah pasar dengan merk pakaian lokal juga mempunyai peminat sendiri. Meskipun peminat yang ada masih terbilang kecil, namun mereka terhitung sangat loyal.

Di saat pemikiran antara produsen dan peminatnya bisa menjadi satu dan dapat terbentuk, maka ketertarikan keduanya bisa dikatakan sama. Baik itu dimulai dari musik, buku, majalah, movie, atau hiburan apapun yang menjadi ketertarikan Dendy beserta kawan-kawan. Itu pula yang menjadi ketertarikan para konsumen mereka.

Jika di luar sana masih terdapat pengusaha yang berburu target pasar tertentu, lain halnya dengan UNKL347. Mereka tidak perlu berupaya keras. Karena pada hakikatnya target pasar mereka yakni diri mereka sendiri.

Merupakan hal yang sangat memuaskan dan memberikan semangat ketika apa yang menjadi daya tarik dan buah pikiran mereka mampu menjadi satu hal yang sama dengan peminat. Mereka pun bisa mengartikannya menjadi salah satu merk yang akhirnya bisa diterima dengan baik.

Dendy selalu mengingatkan untuk bersikap jujur. Idealismenya adalah apa yang kamu buat, merupakan cerminan diri kamu sesungguhnya. Buatlah suatu apapun dari apa yang paling kamu ketahui. Demikian kata-kata yang sering ia jadikan rujukan.

Ciptakan sesuatu yang paling kamu ketahui, begitulah pemikiran idealis dari Dendy sang pemilik UNKL347. Bisa menjadi sebuah pemikiran idealis dan mampu memberi semangat tersendiri ketika apa yang kamu tekuni juga dicintai oleh peminat.
 
Back
Top