Perbedaan Soft Ice Cream & Hard Ice Cream, Simakkk

jejesos

New member
Tahu kah Anda kalau es krim mempuyai dua varian tekstur yang berbeda, ada cone dan gelato, Apa Perbedaan Soft Ice Cream dan Hard Ice Cream tersebut? Es krim cone atau yang juga disebut dengan soft ice cream bertekstur lebih lembut ketimbang yang lain. Sedangkan gelato atau yang biasa disebut dengan hard ice cream memiliki tekstur yang lebih padat, namun tidak seperti es lilin atau es bertekstur padat lainnya.

soft-serve-fernandina-beach-3.png

Perbedaan Soft Ice Cream dan Hard Ice Cream :

Untuk kadar susu dan lemak yang dimiliki es krim ini lebih rendah dibandingkan hard es krim dan diproduksi dengan suhu tinggi. Komposisi udara yang dihasilkan membuat es krim dengan varian ini lebih lembut. Kandungan air yang terdapat berisi anatara 0%-60% dari total volume pada es tersebut. Es krim gelato atau varian jenis hard ice cream ini mempunyai kandungan lemak berkisar 7-8 persen yang terbuat dari susu, gula, kuning telur dan air. Untuk mesin pembuat es krim bertekstur lebih padat ini pengaduknya dengan kecepatan pelan sehingga membuat teksturnya lebih padat. Setelah itu es dibekukan dengan suhu yang lebih panas, sekitar minus 10 drajat celcius.

Pembuatan kedua es krim ini akan lebih mudah bila dilakukan dengan mesin pembuat es krim. Bicara mengenai mesinnya, jelas penggunaan mesinnya berbeda. Misalnya mesin soft ice cream terdapat wadah atau hopper pada bagian dalamnya untuk mengaduk dan mengolah bubuk es krim dan dilengkapi dengan valve pada bagian depan mesin untuk menyajikan es krim di atas cone.

Untuk mesin es krim hard juga ada hopper pada bagian dalam mesin namun pengaduknya lebih cepat dibandingkan mesin es krim biasa. Biasanya kedua mesin ini dimanfaatkan untuk usaha es krim dengan kuantitas produksi yang lebih besar sehingga yang menggunakan lebih untuk usaha seperti restoran, hotel, keperluan dalam sekala besar lainnya.

Nah bagi anda yang berminat untuk membuat ice cream Soft atau hard di rumah, anda bisa mencari sendiri mesinnya di beberapa toko mesin di kota-kota besar. Untuk masalah harga di jamin mahal, tetapi sebanding dengan hasil yang di dapatkan.
 
Last edited:
Ooo itu ya perbedaannya ? tapi kayaknya sama sama enaknya ya..... Bagi pecinya es cream...silahkan mencoba.
 
Back
Top