Sandal Bakiak

spirit

Mod
bakiak-30y4xa7lzdb7rrm1qg3zt6.jpg

Bakiak (Jawa Tengah) atau Bangkiak (Jawa Timur) atau Terompa Galuak (Sumatra Barat) adalah sejenis sandal yang telapaknya terbuat dari kayu yang ringan dengan pengikat kaki terbuat dari ban bekas yang dipaku dikedua sisinya. Sangat populer karena murah terutama dimasa ekonomi susah sedangkan dengan bahan kayu dan ban bekas membuat bakiak tahan air serta suhu panas dan dingin.

Diperkirakan bakiak diinspirasikan oleh Jepang yang sudah memakai telapak kayu untuk Geisha2.

Permainan Bakiak

bakiak%202_26_1399433588.JPG

Permainan bakiak merupakan permainan tradisional Indonesia yang dimainkan secara bersamaan dalam 1 kelompok atau regu. Di Sumatera Barat, bakiak disebut terompa galuak yang merupakan terompah deret dari papan bertali karet yang panjang. Alat yang digunakan yaitu berupa sandal yang dibuat dari kayu. Sepasang sandal dapat di pakai untuk 3 sampai dengan 5 orang anak. Permainan ini melatih kekompakan serta konsentrasi anak, karena anak-anak diajarkan untuk berjalan bersama dengan satu pasang sandal secara bersamaan. Kelomok atau regu yang mencapai garis finish paling pertama dengan kompak memenangkan permainan bakiak tersebut.

Bakiak juga sering dijadikan ajang perlombaan pada saat 17 Agustus. Tak hanya anak-anak, permainan ini dilombakan juga oleh ibu-ibu serta bapak-bapak untuk meramaikan acara. Sayangnya permainan ini sudah jarang dimainkan lagi oleh anak-anak pada masa kini.


~berbagai sumber​
 
memakai sandal bakiak,,kayanya meyenangkan banget ya,hehe apalagi sama kawan pasti seru

berat sandal bakiak. apalagi kl musih hujan jalan diatas lumpur sangat tidak nyaman. Ya pada masanya juga enak dgunakan kl untuk zaman sekarang paling untuk jadi ajang lomba perayaan
 
sandal bakiak di papua masih digunakan warga. Dan ini bisa dibuat hanya menggunakan ban bekas dari sepeda atau motor untuk talinya sedangkan untuk tapaknya bisa pakai kayu meranti
 
Back
Top