Awas! Bahaya Charging Ponsel di Colokan Tempat Umum!

mbahgaul

New member
Ponsel pintar merupakan salah satu perangkat yang sangat penting bagi generasi millenial. Tanpa ponsel sepertinya orang akan sulit dan merasa ada yang kurang. Entah itu untuk keperluan kantor, bisnis, hingga keperluan sosial media, nampaknya benda yang satu ini memang sulit untuk dilepaskan. Jika sudah demikian, di tempat umum pun jika perangkat yang satu ini kehabisan daya, maka orang akan berusaha segera mungkin mencari tempat pengisian daya. Di jaman sekarang ini, banyak tempat-tempat umum yang sudah menyediakan tempat charger ponsel gratis. Namun tahukah Anda jika ternyata mengisi daya ponsel yang begitu sepele ini bisa berakibat yang begitu fatal?

58abf947e8de914876654791.jpg


(Foto via Google)

Seperti yang dilansir via laman CNN (21/1/2017), mengisi daya ponsel di tempat umum atau di stasiun pengisian daya bisa menyebabkan bahaya tersendiri untuk orang-orang. Hal ini dikarenakan, tanpa disadari pengguna bisa nampak begitu lengah, dan pengguna bisa menjadi korban dari sasaran hacker. Drew Paik, seorang ahli keamanan dari Authentic8 mengatakan bahwa meski pun ini hanya mencolokkan ponsel ke stasiun pengisian, perangkat Anda tersebut bisa diselipi malware dan semua data yang ada di ponsel bisa diretas dengan mudahnya.

Meski pun Anda mengisi ponsel pintar di tempat-tempat yang tidak dicurigai, misalnya saja seperti di bandara, di dalam pesawat, di taman, dan bahkan di tempat-tempat pertemuan pun tak akan menjamin ponsel Anda terhindar dari resiko keamanan. Bahkan tidak sedikit dari beberapa stasiun pengisian daya yang tidak menjamin ponsel Anda dari serangan yang menyebabkan seluruh data di ponsel pintar Anda selamat.

58abf987a0f7514876655432.jpg

Teknik yang digunakan oleh peretas sendiri adalah dengan menggunakan sebuah teknik yang bernama juice jacking. Teknik ini dilakukan dengan cara menggunakan port yang sama atau yang telah diretas untuk bisa mendapatkan gambar atau merekam video dari ponsel. Jadi ketika pengguna menggunakan ponselnya, peretas bisa melihat aktivitas apa saja termasuk password ponsel yang digunakan. Jika sudah demikian, peretas bisa saja melihat ke semua akun yang ada di dalam ponsel melalui hasil rekaman tersebut. Jika hal ini dilakukan untuk hal-hal yang tidak bertanggung-jawab, tentu saja ini sangatlah berbahaya.



Sumber:
 
apapun itu namanya, kalau sudah ditempat umum jangan membuka hal hal yang bersifat privasi gan, misal menggunakan wifi ditempat umum, itu sangat rawan sekali , kalau memang suka surfing dan melakukan hal penting, ane saranin bawalah modem sendiri, dan gunakan line pribadi untuk online, itu akan lebih aman,,
 
Back
Top