Cara Mengatasi Mata Lelah Akibat Terlalu Lama Menatap Komputer

anggisaputra

New member
Mata Lelah, merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada mata. Yang mana masalah seperti ini seringkali diakibatkan oleh terlalu lamanya menatap komputer, menonton TV, bermain handphone sambil berbaring dan masih banyak lagi yang lainnya. Tapi kali ini kita akan membahas mengenai mata lelah yang diakibatkan karena terlalu lama menatap layar komputer.

Mata lelah yang diakibatkan oleh terlalu lamanya menatap layar komputer ini, sangat umum sekali terjadi khususnya bagi pekerja kantor. Karena pekerja kantoran memiliki rutinitas yang wajib yaitu bekerja mengunakan komputer/laptop, sehingga lama-kelamaan radiasi dari cahaya komputer akan membuat kesehatan mata jadi terganggu.

Mungkin anda pernah mengalami mata lelah? Jika iya pasti anda sangat bingung kan bagaimana caranya agar mata lelah ini bisa teratasi? Anda tidak usah khawatir dengan cara mengatasinya, karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips/cara yang bisa mengatasi mata lelah akibat terlalu lama menatap layar komputer.

Cara Mengatasi Mata Lelah Akibat Terlalu Lama Menatap Komputer​

​Memiliki kondisi mata lelah jika di biarkan dalam waktu yang lama maka akan dapat merusak penglihatan dan mengganggu aktivitas sehari-hari yang anda lakukan. Oleh sebab itu, untuk mengatasi mat lelah ini sebenarnya cukup mudah untuk anda lakukan. Ingin tahu cara tersebut apa saja? Coba simak uraian berikut ini:

Buatlah layar komputer anda bersahabat dengan anda

1. Cobalah anda taruh komputer sekitar 50-66 cm jauh dari mata anda.
2. Setelah itu bersihkan debu dan sidik jari dari layar, karena kotoran yang ada pada layar dapat mengganggu penglihatan.
3. Pilihlah layar yang bisa di miringkan dan di putar agar anda mudah menggunakannya.
4. Cobalah pertimbangkan untuk menggunakan filter cahaya pada layar komputer anda.

Ubah lingkungan kerja anda senyaman mungkin

1. Pertama-tama cobalah untuk menyesuaikan cahaya pada ruangan, usahakan jangan terlalu terang dan terlalu gelap.
2. Gunakanlah kursi yang bisa di atur ketinggiannya.

Jangan hanya kerja

1. Coba anda terapkan aturan 20-20-20, yang mana 20-20-20 ini yaitu setiap 20 menit lihatlah sesuatu yang jaraknya 20 kaki selama 20 detik.
2. Pasanglah note yang bertuliskan “Berkedip!” pada komputer, agar anda tidak lupa untuk melakukannya.
3. Tetapkan waktu istirahat yang rutin dan menjauhkan diri dari komputer untuk sementara waktu.

Lakukan perawatan sederhana pada mata

1. Cobalah untuk mengompres mata anda yang lelah atau kering dengan handuk hangat, lakukan dengan mata tertutup.
2. Gunakan tetes mata untuk menyegarkan mata anda saat terasa kering.
3. Untuk bisa membantu mata kering saat bekerja dalam ruangan, cobalah anda gunakan pembersih ruangan untuk menjadi penyaring udara kotor.

Itulah cara mengatasi mata malas yang dapat anda lakukan sendiri, cara ini sangat mudah kan? Untuk itu cobalah untuk menerapkan cara di atas agar kesehatan mata anda bisa selalu terjaga. Dan anda juga harus ingat, jangan lupa untuk beristirahat dengan mengedipkan mata atau keluar sebentar melihat pemandangan sekitar tempat anda bekerja untuk membuat mata anda segar kembali.

Semoga Bermanfaat ;)
 
Back
Top