Apakah Coklat Membuat Anda Merasa Lebih Baik?

Megha

New member
Oleh Chani Blue dan Rebecca Hunnisett, Staff Epoch Times Australia di Era Baru
kuecoklat.jpg



Perdebatan antara ilmuwan dengan ahli nutrisi sudah banyak terjadi mengenai apakah coklat benar-benar membuat anda merasa lebih baik.(FLICKR.COM)


Perdebatan antara ilmuwan dengan ahli nutrisi sudah banyak terjadi (bukan mengatakan pecandu coklat) terhadap apakah coklat benar-benar membuat anda merasa lebih baik. Tentu saja ini bisa mengesankan begitu, sebagaimana banyak orang akan menyetujui! Beberapa orang juga mempercayai bahwa coklat adalah makanan yang dapat merangsang nafsu birahi – dan kelihatannya coklat dapat membuat anda bahagia, tenang dan santai, di samping coklat dapat membuat anda menikmati suasana kencan dengan seseorang yang spesial.

Apakah ini tentang coklat yang memberi kesan pada “kebahagiaan” – terpisah dari rasanya yang nikmat?

fyi.gif
Coklat mengandung triptophan, sejenis asam amino esensial yang diketahui memiliki efek menghilangkan rasa sakit dan anti depresi. Tubuh memerlukan triptophan untuk memproduksi serotonin, yang berfungsi mengendalikan suasana hati dan perasaan. Se-rotonin juga mengatur res-pon seksual tubuh dan selera makan. Bila tubuh an-da mempunyai kandungan serotonin yang benar, maka anda mungkin akan memi-liki perasaan keselarasan dan kepuasan jiwa yang lebih, sebuah perasaan yang menyatu dengan alam.

Apabila tingkat serotonin anda terlalu rendah, mungkin anda akan merasa depresi, lesu atau bahkan gelisah. Sebaliknya, bila anda kelebihan serotonin, mungkin anda akan merasa agresif, mudah marah dan tidak tenang.
iiyo.gif


dudu.gif
Keseimbangan hormon, kandungan kimiawi dan gizi tentu mencerminkan kesehatan yang prima dan perasaan nyaman. Jika anda ingin makan sesuatu untuk membantu anda merasa lebih tenang dan pi-kiran tidak ke mana-mana, pilihlah makanan (bukan coklat) yang kaya triptophan atau serotonin. Makanan yang kaya kandungan triptophan termasuk makanan sehari-hari, gandum, pisang, biji-bijian, daging merah, buncis, biji bunga matahari dan biji labu, spiralina dan kacang tanah.

Serotonin ditemukan pada makanan yang mengandung zat tepung seperti kentang dan karbohidrat. Makanan ini juga dapat memberikan rasa ngantuk dan ketenangan pada sebagian orang. Makanan yang memberikan keseimbangan, pola makan yang sehat, yaitu sayuran segar, buah, kacang-kacangan, bi-ji-bijian, ikan dan air minum segar adalah bagian yang penting untuk mendorong perasaan sehat dan kesejahteraan sepanjang hidup. Keragaman dan diet kaya nutrisi memberikan apa yang dibutuhkan tubuh untuk mendukung seluruh sistem dalam tubuh, khususnya ‘sistem yang me-ngendalikan perasaan gelisah’, yang paling terasa ketika tingkat gula darah anda stabil.
doukana.gif


Sebaliknya, pola makan yang tinggi kadar gulanya (termasuk coklat) dan makanan olahan (yang sedikit esensi gizinya) akan membuat badan merasa tidak nyaman dan jiwa yang labil, mengakibatkan perasaan lelah dan mudah marah. kayak Smiles ku ini
finger.gif


Kafein dan alkohol memiliki dampak yang sama. Kafein adalah penyebab stres pada tubuh – memperlihatkan timbulnya stres tubuh, memperbesar sistem kegelisahan anda. Alkohol dan kafein merangsang produksi hormon dalam tubuh, memberi anda kesan bahwa anda perlu meng-konsumsinya agar menjadi lebih baik, yang sebenar-nya tidak memberi keuntungan apapun.

blsh3.gif
Jadi, sementara coklat, kopi dan alkohol mungkin membuat anda merasa lebih nyaman untuk sementara waktu, cara terbaik untuk menikmati kesejahteraan hidup adalah dengan cara pola makan yang seimbang, dengan mengontrol penggunaan alkohol, kopi dan gula secukupnya. Penting juga untuk makan secara teratur untuk memelihara kestabilan kadar gula darah, menjaga stamina energi dan menghindari suasana hati yang tidak stabil.

Sementara pola makan dapat secara pasti mendukung kesehatan pikiran, jika anda menderita gejala depresi yang berkepanjangan, gelisah dan suasana hati yang terombang-ambing, usahakan mencari saran professional dari ahli praktisi medis.(dta)

62741.html


Jadi ingat kata-kata Dokter Ganjen ini kalo kamu masih ingin hidup dengan tenang
good.gif
 
waaa...
absolutely, NO!

abis makan cokelat, kepalaku pusing ga keruan...
migrenQ langsung kumat...
ga jadi lebih baik deh, lebih buruk iyaaa...

males bgt aq makan cokelat...
kalo uda pengen bgt, dikiiiit aja deh...

daripada abis itu, berasa mau pingsan, mending ga deh...
 
wah aku klo makan coklat rasanya seneng dan yummy..

apalagi klo coklat susu ato coklat putih..

ky lebih relax geto..
 
wah klo aku kbanyakan makan coklat kok malah mencret yak?aneh,,,
 
ga juga sih, klo berlebihan malahan ga sehat n boros :D
kata orang klo lg stres, mkn coklat bisa bikin relax. menurut gw sih mendingan olah raga aja klo lagi stres ato maen game (compie, PS2, dll).
 
Back
Top