“Tips Jitu” Cara Merawat Radiator Mobil Yang Aman & Benar
 
Go Back   Home > Otomotif > Mobil

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

“Tips Jitu” Cara Merawat Radiator Mobil Yang Aman & Benar

TunasOtomotif.Com - Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai bagaimana cara dalam merawat radiator mobil yang aman dan benar. Dalam sistem pendingin suhu mesin mobil pada dasarnya didukung oleh tiga hal seperti cairan pendingin, minyak pelumas dan udara. Dalam hal ini ketiga komponen tersebut saling terkait satu sama lain dan elemen yang paling menentukan bagi efiensi kinerja mobil.

Cara Merawat Radiator Mobil Yang Aman & Benar

Nah berikut ini merupakan beberapa hal yang sangat perlu anda perhatikan pada saat hendak akan melakukan perawatan radiator mobil.

Radiator

Radiator ini memiliki fungsi sebagai tempat cairan didinginkan dan sebagai penampung utama. Oleh karena itu kondisi radiator harus benar-benar terjaga dan terawat dengan baik. Sangat dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan radiator, baik bagian dalam maupun luar.

Pada bagian luar radiator terdapaty kisi-kisi tipis yang dimana berfungsi sebagai jalur keluar masuknya angin. Jika pada kisi-kisi tersebut tersumbat oleh kotoran, maka dapat dipastikan volume angin yang mengalir akan berkurang atau terhambat, yang sehingga proses pendinginan tidak dapat optimal. Nah untuk membersihkan bagian tersebut anda dapat menggunakan kuas halus atau dengan menyemprotkan air yang bertekanan rendah, supaya tidak sampai merusak kisi-kisi yang tipis tersebut.

Pada bagian dalam radiator pada umumnya akan terjadi karatan, terutama pada radiator yang sudah lama atau berumur. Sirkulasi sistem pendingin bisa terhambat akibat karat tersebut. Atau pada kasus karat yang parah bisa saja melupuhkan sirkulasi sistem pendinginnya. Oleh karena itu, sebaiknya lakukanlah pengurasan air di dalamnya secara berkala paling tidak setahun sekali. Hal ini dapat anda lakukan sendiri atau bisa menyerahkan kepada ahlinya, terutama jika ditemukan adanya kebocoran.

Jika radiator pada mobil anda sudah lama tidak dikuras atau anda baru saja membeli mobil bekas tanpa mengetahui tentang riwayat perawatan pada radiator mobil tersebut alangkah baiknya jika anda menyerahkan proses pengerjaannya pada ahlinya. Karena jika kotoran yang menyumbat di bagian dalam saluran sirkulasi pendingin mesin sudah terlalu banyak, maka ketika anda mengurasnya dengan cara yang salah malah akan dapat menyumbat beberapa saluran sempit yang terdapat di dalamnya yang akan menyebabkan kegagalan pada proses pendinginan.

Selang Radiator

Selang radiator ini berfungsi sebagai penghubung antara mesin dan radiator serta sebagai saluran tempat mengalirnya cairan pendingin. Suhu dan tekanan air yang tinggi atau meningkat bisa membuat selang radiator semakin lama akan semakin mengembang dan daya tahannya juga akan semakin menurun. Sebaiknya segera lakukanlah penggantian jika memang sudah pada waktunya diganti.

Karena jika anda terlambat menggantinya maka akibatnya dapat sangat fatal, seperti terhambatnya saluran sirkulasi air atau pada kasus yang parah selang bisa saja sobek. Akibatnya cairan yang ada akan terkuras seketika sehingga temperatur mesin meningkat drastis. Jika hal ini sampai terjadi biasanya mesin mobil akan menjadi mati dan terdengar suara yang menggelitik.

Baca selengkapnya disini ,,,,>>>>> “Tips Jitu” Cara Merawat Radiator Mobil Yang Aman & Benar
hisyamspin hisyamspin is offline
Village Level

Post: 74
 
       
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
“Tips Jitu” Cara Poles Mobil Sendiri Mudah Dan Cepat Hasil Optimal hisyamspin Mobil 0
Tips Merawat Aki Mobil yang Benar allodie Mobil 4


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.