Potensi Teknologi Plasma Selain Sebagai Pengganti Cat Plastik Primer

luckysucipto

New member
AO-TEKNIK – Teknologi plasma merupakan salah satu teknologi yang saat ini sedang menjadi primadona di berbagai industri. Tidak aneh melihat banyaknya informasi atau artikel yang membahas tentang berbagai keuntungan dan kelebihan dari teknologi plasma. Terlebih karena selama ini banyak yang salah memahami kemampuan teknologi plasma hanya sebatas sebagai pengganti cat plastik primer. Walau begitu, di samping berbagai kelebihan dan keuntungan yang ditawarkan teknologi ini seharusnya kita juga membicarakan potensi apa saja yang dimilikinya. Hal ini penting mengingat teknologi ini masih terus dikembangkan.
Week_17.jpg

Beberapa potensi yang dimiliki oleh teknologi plasma ini pasti membuat Anda ingin segera mengaplikasikannya ke dalam bisnis Anda:

Pengembangan dan keleluasaan pengunaan material baru. Teknologi plasma tidak hanya meningkatkan efisiensi penggunaan material tetapi juga memperbesar kemungkinan untuk industri menggunakan berbagai material terutama untuk mengurangi bahan kmia yang berbahaya. Potensi ini memungkinkan industri untuk menemukan material yang lebih murah tetapi menawarkan kualitas yang lebih baik seperti lebih ringan, lebih stabil atau mungkin dapat didaur ulang sehingga lebih ramah lingkungan.

Lebih ramah lingkungan baik selama proses maupun pada hasil akhir produksi. Berapa banyak bahan kimia yang digunakan dalam industri? Banyak. Termasuk cat plastik primer yang selama ini gunakan untuk lapisan akhir sebelum pewarnaan seperti dalam penggunaan pada industri otomotif dan lainnya. Teknologi plasma berpotensi untuk mengurangi jumlah penggunaan bahan kimia. Selain digunakan sebagai coating atau pelapis, aktivasi permukaan dan pemotongan, teknologi ini juga dapat berfungsi sebagai perekat, membersihkan sisa residu dan berbagai hal lainnya. Teknologi ini sudah terbukti ramah lingkungan dari proses sampai produk akhir. Jika pontensi ini dikembangkan serta dimanfaatkan maka keuntungan yang dihasilkan tidak hanya untuk pelaku industri tetapi juga masyarakat dan bumi.

Kemungkinan untuk diaplikasikan pada berbagai bidang industri. Selain memperbesar kemungkinan untuk penggunaan material baru, mengurangi penggunaan bahan kimia beracun dan limbah industri, berbagai keuntungan dan potensi dari teknnologi ini memungkinkan untuk diaplikasikan pada berbagai bidang industri yang berbeda. Salah satu hasil dari aplikasi teknologi plasma adalah konstruksi bangunan yang lebih ringan dengan menggunakan material carbon-fiber. Tidak terbatas pada bidang industri ini, teknologi ini juga dapat diaplikasikan pada berbagai industri seperti industri sumber energy baru, industri penerbangan atau industri kesehatan.

Sumber
 
Back
Top