[100% Mudah] Cara Mengganti Seal Gear Depan Pada Motor

hisyamspin

New member
TeknikOtomotif.Com - Bagi pencinta otomotif, untuk hal ini pastinya kalian sudah tidak asing lagi mendengar kata seal bukan…??, lalu tahukah kalian mengenai seal itu apa dan bagaimana fungsinya untuk apa..?? bagi pencinta otomotif pastinya udah tau apa itu seal, nah bagi yang belum mengetahui seal itu simak uraian dibawah ini.

Seal sendiri merupakan karet yang dimana untuk menahan oli, bila seal tersebut bocor maka akan dapat berpengaruh pada bagian komponen mesin yang terendam oleh oli atau komponen yang mencegai kotoran, debu, fluida dan marterial lain supaya tidak dapat masuk kedalam sistem “komponen”. Nah agar memperhalus dalam pengoperasian dan mengurangi keausan, hampir semua gear dan bearing diperlukan pelumasan yang terus menerus, maka supaya menjaga pelumas yang berada di sekeliling komponen-komponen yang bergerak dan untuk menjaga cairan pelumas tersebut jangan sampai keluar serta menjaga agar kotoran dan debu jangan sampai masuk ke sistem maka diperlukan dengan adanya seal.

Fungsi Seal
Adapun untuk fungsi seal sendiri yaitu:

  • Untuk menjaga kebocoran pelumas “lubrikasi”.
  • Menjaga kotoran dan material lain masuk ke sistem.
  • Memberikan batasan cairan agar tidak tercampur.
  • Lebih fleksibel terhadap komponen yang bergerak dan tidak bocor.
  • Melapisi permukaan yang tidak rata.
  • Menjaha komponen agar tidak cepat rusak.
  • Jenis Seal
  • Adapun seal sendiri dibedakan menjadi dua jenis yakni Static Seal dan Dynamic Seal yaitu:

Static Seal
Static seal biasanya dipakai untuk permukaan yang tidak ada gerakan pada dua permukaan yang dilapisi. Yang termasuk Static seal ialah O-ring seal, gasket dan liquid gasket.

Dynamic Seal
Dynamic seal digunakan pada komponen yang terdapat bergerak antara permukaan satu dengan yang lainnya. Sedangkan yang termasuk Dynamic seal ialah: O-ring seals, Lip seals, Duo Cone seals dan packing rings.

Cara Mengganti Atau Memperbaiki Seal Gear Depan Pada Motor
Dalam hal bagi pengguna sepeda motor yang mengalami kebocoran atau rembesan oli distandar samping, memang sering terlihat basah hal ini karena adanya rembesan oli. Hal demikian rembesan oli berasal dari rantai, tapi hal ini tidak pernah melumasi rantai dengan memakai oli tapi dengan chainlube.

Baca selengkapnya disini ...>>>> [100% Mudah] Cara Mengganti Seal Gear Depan Pada Motor
 
Back
Top