Penyebab Serta Cara Penanganan Sesak Nafas

indriyaniteni

New member
Bernafas merupakan hal terpenting bagi kelangsungan hidup manusia. Namun apa yang akan terjadi jika sistem pernafasan kita mengalami gangguan, seperti sesak nafas? Pastinya hal tersebut bisa menurunkan kualitas hidup kita.

Sesak nafas merupakan salah satu gangguan pernafasan yang sangat umum diderita oleh banyak orang, yang mana kondisi ini timbul akibat kesulitan dalam bernafas, dan kurangnya pasokan udara. Ada beberapa penyebab yang memungkinkan Anda terserang oleh sesak nafas, dan untuk lebih jelasnya berikut adalah uraian secara singkatnya.

Obesitas, menjalankan aktivitas terlalu berat, berada di tempat yang bersuhu ekstrem, atau sedang berada di daerah dengan ketinggian tertentu merupakan beberapa hal yang dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan gangguan pernafasan. Namun jika sesak nafas disebabkan oleh gangguan kesehatan, maka bisa disebabkan oleh beberapa jenis penyakit berikut ini:

  • Pilek.
  • Alergi.
  • Asma.
  • Anemia.
  • Sinusitis.
  • Tuberkulosis.
  • Tekanan darah rendah.
  • Patah tulang rusuk.
  • Keracunan karbonmonoksida.
  • Pneumonia (paru-paru basah).
  • Kanker paru-paru.
  • Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).
  • Gangguan pada jantung seperti gagal jantung, serangan jantung, atau aritmia jantung.

Dari beberapa jenis penyakit yang telah disebutkan di atas, ada salah satu diantaranya yang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan gangguan kesehatan sesak nafas, dan dalam dunia medis pun tergolong sebagai penyebab umum yang kerap menjadi pemicu kondisi sesak nafas, dan penyakit yang dimaksud yakni asma, atau penyakit yang berhubungan dengan organ paru-paru dan jantung. Namun jika sesak nafas anda, disebabkan oleh kondisi tersebut biasanya akan berlangsung dalam jangka waktu yang cukup panjang, oleh sebab itu segeralah melakukan pemeriksaan pada dokter yang sudah ahli dalam mengatasi sesak nafas.

Sebab dengan anda melakukan pemeriksaan, anda bisa mengetahui penyebab sesak nafas yang Anda rasakan, dan jika sesak nafas anda di sebabkan oleh penyakit asma, anda bisa segera melakukan penanganan dengan segera.

Langkah pertama yang biasanya dilakukan oleh para dokter, ketika memeriksa pasien yang sedang mengalami keluhan pada sistem pernafasan nya, yakni dengan pemeriksaan fisik, dan menjalankan berbagai tes, seperti tes darah, X-ray yang dilakukan pada rongga dada dan tes pernapasan atau spirometri. Nah denngan cara seperti itulah dokter dan kita akan mengetahui berapa banyak udara yang bisa si hembuskan dan seberapa cepat Anda menghembuskan nya. Tes ini juga bisa dijadikan alat untuk mendiagnosis apakah Anda mengidap PPOK atau tidak.

Selain itu, tes alergi mungkin akan dilakukan juga oleh dokter, sebab tes tersebut bisa membantu nya dalam mengetahui penyebab sesak nafas pada pasien nya. Mengapa harus menjalankan tes alergi? Karena salah satu penyebab utamanya terserang nya penyakit asma dipicu oleh adanya alergi, dan tes alergi yang biasanya digunakan yakni dengan metode CT scan atau X-ray.

Mengetahui penyebab pasti pertumbuhan gangguan kesehatan sesak nafas, merupakan hal yang sangat penting, karena hal tersebut, dapat menjadi patokan untuk menangani sesak nafas yang dialami oleh anda secara efektif.

Lalu Bagaimana Cara Menanganinya?

Penanganan sesak nafas tidak sama pada setiap individunya. Oleh sebab itu sangat dibutuhkan diagnosis yang tepat mengenai penyebab sesak nafas.

  • Jika Anda mengalami sesak nafas karena asma atau alergi, maka yang perlu Anda lakukan dalam mengatasinya, yakni dengan cara menghindari diri dari unsur-unsur pemicu asama, seperti debu, asap rokok, polusi udara, bulu hewan peliharaan, atau serbuk sari. Jaga selalu kebersihan rumah Anda agar terbebas dari debu, kutu, atau tungau.
  • Mengonsumsi obat-obatan juga bisa dilakukan untuk menangani sesak nafas akibat alergi, seperti dekongestan dan antihistamin. Kedua obat ini bisa memperlancar proses menghirup udara.
  • Namun jika alergi Anda sudah parah, kemungkinan akan diberikan obat hirup steroid, yang juga bisa diterapkan oleh penderita sinusitis.
  • Penderita asma juga bisa ditangani dengan obat-obatan yang dihirup atau diminum. Tujuannya untuk membantu meringankan atau mencegah obstruksi jalannya nafas dan produksi lendir yang berlebihan. Jika Anda menjalani pengobatan dengan obat hirup, pastikan pasokannya memadai dan alatnya bekerja dengan baik.
  • Berhenti merokok juga bisa memperlancar pernafasan Anda. Selain itu, merokok juga bisa memberikan dampak lain, yaitu risiko terkena penyakit jantung, penyakit paru-paru, dan kanker.
  • Menjalani diet juga bisa dilakukan jika Anda mengalami sesak nafas karena obesitas. Dengan menurunkan berat badan ke tingkat yang sehat, pernapasan bisa lebih lega. Hindari pula aktivitas berat ketika berada di tempat dengan ketinggian lebih dari 1500 meter.
  • Bagi Anda yang mengalami sesak nafas akibat penyakit serius, mungkin harus menjalani perawatan atau mengkonsumsi obat-obatan tertentu dari dokter. Konsultasikan kepada dokter mengenai pengobatan apa yang tepat untuk Anda.
  • Jika Anda mengalami sesak nafas diiringi demam tinggi, menggigil, batuk, bengkak di kaki, warna bibir menjadi biru, atau sesak nafas yang kian memburuk, langsung kunjungi dokter secepatnya.

Namun jika anda ingin mengatasi sesak nafas anda dengan cara alami yang aman dan tidak akan menimbulkan efek samping berbahaya, dapat mengkonsumsi rutin obat herbal berbahan teripang emas bernama Qnc Jelly gamat. Nah dengan anda rutin mengkonsumsi nya secara rutin, maka perlahan sesak nafas anda akan mengalami penyembuhan, dan berikuta adalah Cara Mengatasi Sesak nafas Akut dan kronis dengan Qnc Jelly Gamat.
 
Back
Top