5 Tips Ampuh Lindungi WiFi Perusahaan

AhmadHidayat99

New member
HYPERNET – Demi menjaga keberlangsungan produktivitas dalam suatu perusahaan, pasti kita membutuhkan koneksi internet atau WiFi. Ya, WiFi sangat diperlukan. Hal ini demi menunjang target pemasaran yang ingin kita capai. Namun apa jadinya kalau tiba - tiba WiFi perusahaan kita ada yang meretas? Pasti semua karyawan menjadi tidak produktif dan harus merasakan pahitnya kerja tanpa WiFi.

free-secure-wifi-connection-696x392.png


Tentunya ini sangat merugikan para pekerja dan perusahaan tersebut. Akan tetapi, setiap masalah pasti selalu ada solusinya. Begitu pula dengan masalah hacking ini. Ada beberapa tips yang bisa kita lihat demi mencegah masalah tersebut.

Berikut tips - tipsnya:

Hindari Pengaturan EZ. Beberapa router WiFi memberi kemudahan pengaturan dengan hanya menekan tombol untuk bisa terhubung. Untuk menghidari pereras sebaiknya gunakan pengaturan yang 'rumit' supaya lebih aman.

Ubah kata sandi secara berkala. Salah satu kesalahan umum pemilik jaringan Wi-Fi adalah kurangnya manajemen kata sandi. Jika perusahaan Anda tidak pernah mengubah password jaringan nirkabel tersebut, jangan kaget jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Selain melindungi jaringan dari para cracker, juga hal ini dapat menghidari dari masalah jika sewaktu-waktu perangkat kalian hilang maupun dicuri. Untuk menggantinya, cukup dengan menggunakan personal security, maka bisa mengubah kata sandi secara reguler.

Pastikan halaman login router tidak dapat diakses dengan Internet. Beberapa produsen router biasanya memiliki fitur yang memungkinkan pengaturan dapat diubah dari jarak jauh melalui koneksi internet. Di satu sisi, fitur ini berguna dalam beberapa situasi, tetapi di sisi lain justru tidak aman jika tidak benar-benar membutuhkan sebaiknya dinonaktifkan. Lihat kembali pengaturan router seperti "Remote Management" dan pastikan fitur ini sudah dimatikan. Yang terpenting lindungi router WiFi dengan enkripsi WPA2 beserta kata sandi yang kuat.

Aktifkan Proteksi WPA2. Kebanyakan pengguna internet menggunakan proteksi ganda untuk meningkatkan keamanan Wi-Fi mereka. Meskipun tidak salah, namun langkah dasar yang harus dilakukan justru mengaktifkan fitur WPA2 bersama dengan enkripsi AES pada jaringan nirkabel atau SSID jika digunakan secara personal. Kedua fitur tersebut tergolong paling bagus untuk melindungi Wi-Fi dari ancaman jenis apapun, termasuk cracking. Jadi, tidak ada lagi penumpang gelap pada jaringan Anda.

Amankan semua jaringan WiFi. WiFi tentu tidak hanya digunakan pegawai kantor saja. beberapa tamu, seperti klien,. Untuk itu, gunakan jaringan wifi khusus untuk tamu (guest network). Berikan kombinasi kata sandi yang berbeda dengan yang digunakan untuk jaringan utama. Dengan begitu, semakin kecil kemungkinan jaringan perusahaan Anda disusupi orang lain.

Sumber
 
Last edited:
wah dengan ada nya tips seperti ini,,mudah"an wifi di tempat saya berkerja tidak di hack oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,,
 
Back
Top