BDRIVE TEKNOLOGI BARU PENYIMPANAN CLOUD YANG LEBIH AMAN

Bdrive-Teknologi-Baru-Penyimpanan-Cloud-Yang-Lebih-Aman.jpg


Bundesdruckerei, perusahaan keamanan asal Jerman ini, memamerkan teknologi baru yang dipanggil dengan nama Bdrive, pada ajang Cebit yang sedang berlangsung di Hanover, Jerman minggu ini. Bdrive merupakan cara baru bagi bisnis untuk menyimpan file penting secara aman dan terjamin di cloud.

Tidak seperti layanan penyimpanan cloud seperti Drobox, Microsoft OneDrive, Google Drive, dan sejenisnya, Bdrive tidak menyimpan file padanya, hanya menggunakan metadata dari file tersebut. Sementara tugas untuk menyimpan file akan diserahkan kepada penyedia layanan penyimpanan public cloud lainnya.

Layanan ini juga tidak dapat mengakses file yang disimpan. Software client Bdrive untuk Windows akan mengenkripsi file dan kemudian memfragmentasi file tersebut ke banyak layanan penyimpanan cloud, dengan cara ini tidak ada satupu yang menyimpan semua data. Tekni ini menggunakan erasure coding untuk membangun ulang file meski beberapa dari fragmennya hilang.

Bdrive akan mencatat layanan public cloud mana saja yang menyimpan fragmen dari file yang dimiliki oleh pengguna, yang sebelumnya sudah memberikan akses dan menyetujui ToS (terms of service) dari Bundesdruckerei. Pengguna dapat memiliki level dari redudansi yang ingin digunakan pada sistem. Pengguna membayar fee kepada Bundesdruckerei, dan mereka yang akan membayar fee kepada beberapa penyedia layanan cloud yang digunakan.

Untuk mengakses file akan dikontrol melalui software client di Windows 10. Bdrive dapat ditampilkan sebagai another location bersama dengan Desktop, Download and Documents pada aplikasi Windows File Explorer, tugas seperti mengirim link download atau berbagi hak akses dapat diakses dari menu dengan klik-kanan.

Pengguna yang diundang untuk men-download file akan menerima email yang didalamnya berisi link untuk download. Jika password dibutuhkan, link akan dikirim melalui channel lain yang aman. Pengguna yang mengklik link download, akan menjalankan JavaScript dari Bdrive, dimana akan berjalan proses untuk men-download fragmen file dari beberapa layanan penyimpanan cloud, kemudian akan membangun ulang file dan mendeskripsinya.

Untuk keamanan yang lebih maksimal, kontrol dari file Bdrive hanya dapat dilakukan dari perangkat yang telah diotorisasi.

Sumber
 
ngarep... kapan ngakses keserver datanya geratis+cepet juga gak pake duit tambahan.
nyimpen di falasdisek juga pake beli dulu tu falasdisek.
 
Back
Top