Berbagai Hal Yang Dapat Dilakukan Oleh Teknologi Plasma

raihankhalidah

New member
AO-TEKNIK – Industri tergila-gila pada teknologi plasma. Teknologi ini tidak lagi dipandang sebelah mata atau dianggap hanya sebagai pengganti cat plastik primer. Seiring dengan berjalannya waktu dan berbagi inovasi dan pengembangan yang dilakukan para ahli, semakin banyak hal yang dapat dilakukan oleh teknologi palasma. Mulai dari printing, pengecatan, sebagai pelapis atau coating, ekstrusi dua komponen, perekat sampai bonding dua material. Kelebihan ini yang membuat semakin banyak bidang industri yang tertarik untuk menggunakan teknologi plasma.
Week_18.jpg

Tidak hanya membuka peluang atau kemungkinan untuk menggunakan material baru yang selama ini tidak dapat digunakan karena keterbatasan kemampuan, teknologi plasma juga membuat industri mampu mengkombinasikan dua material atau lebih untuk mendapatkan bahan baku yang lebih baik sesuai dengan tuntutan dari pelanggan atau pengguna. Kemungkinan ini tidak hanya membawa angin segar bagi pelaku industri melainkan juga bagi konsumen karena sekarang mereka dapat melakukan penyesuain material sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

Kemampuan teknologi plasma dalam memodifikasi permukaan juga membawa kabar baik bagi berbagai bidang industri. Dengan menggunakan nanocoating dari tenologi plasma maka permukaan dapat dimodifikasi hingga memiliki karakter baru sesuai dengan kebutuhan. Nanocoating dapat menghasilkan permukaan yang repel water sehingga mudah untuk dibersihkan. Selain itu dengan modifikasi permukaan berarti mengurangi penggunaan cat plastik primer sehingga hasil akhir aman bagi kesehatan. Tidak hanya memodifikasi permukaan, teknologi plasma juga memastikan tidak ada residu yang tersisa pada permukaan sehingga menghasilkan pengecatan hasil akhir yang lebih baik tetapi juga lebih aman terutama untuk berbagai produk kesehatan.

Salah satu hal yang dapat dilakukan oleh teknologi plasma dan menarik perhatian industri adalah kemampuan teknologi ini untuk menggabungkan dua material dengan karakter yang berbeda seperti metal dengan plastik atau metal dengan karet. Kemampuan untuk melakukan hybrid injection molding ini akan sangat berguna bagi industri otomotif yang banyak menggunakan ketiga material yang disebutkan sebelumnya secara bersamaan.
Ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh teknologi plasma dan masih terus dikembangkan karena teknologi ini masih memilih banyak potensi yang akan menawarkan berbagai kemudahan dan inovasi baru bagi berbagai industri.

Sumber
 
Back
Top