Kebijakan Harga Listrik Diminta Dievaluasi
 
Go Back   Home > Elektronik

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Kebijakan Harga Listrik Diminta Dievaluasi

JAKARTA_Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) kembali mendesak pemerintah untuk mengevaluasi kebijakan mengenai harga listrik dari energi terbarukan. Kebijakan baru ini dinilai kontraproduktif dengan pengembangan energi terbarukan. Ketua Umum METI Surya Darma mengatakan, pemerintah harus menetapkan kebijakan yang bersifat jangka panjang dan dapat memberikan kepastian bagi investor atau pengembang energi terbarukan. Apalagi, pengembangan energi terbarukan butuh waktu panjang.



Pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) memerlukan waktu enam tahun, sedangkan pengembangan panas bumi memerlukan waktu 7-9 tahun, mulai dari fase eksplorasi hingga mulai beroperasi. "Pemerintah harus menetapkan kebijakan yang bersifat jangka panjang yang dapat memberikan kepastian bagi pengembangan, "ujar Surya di Jakarta, Ahad (16/6). Terbitnya Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 12/2017, "paparnya. Langkah METI ini mendapatkan dukungan dari Kamar Dagang Indonesia (Kadin). Kadin telah menyurati Presiden Joko Widodo untuk meninjau kembali peraturan yang ditandatangani Menteri ESDM Ignasius Jonan pada 27 Januari 2017 tersebut.



Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani menyatakan sangat menyayangkan terbitnya Permen ESDM Nomor 12/2017 yang dinilai justru membuat semangat berinvestasi di sektor energi terbarukan menjadi surat. Kebijakan ini juga membuat iklim investasi di Indonesia semakin tidak kondusif setelah sektor-sektor lainnya juga mengalami kelesuan. "Kadin telah menerima keluhan dari asosiasi-asosiasi usaha di bidang energi terbarukan yang menyatakan bahwa para pelaku usaha terpaksa menghentikan kegiatan usahanya akibat BPP pembangkit listrik yang dipatok terlalu rendah di seluruh wilayah indonesia, " ujar Rosan.


ia mengatakan, Kadin memahami Permen ESDM tersebut dapat menekan subsidi listrik melalui penurunan BPP pembangkit listrik. namun, Kadin meminta Presiden Jokowi melakukan kajian lebih jauh mengenai pemanfaatan energi terbarukan di daerah terpencil yang dapat menghemat APBN Sebab, energi terbarukan dapat mengganti pengguna pembangkit listrik tenaga (PLT) diesel yang di biaya produksinya jauh lebih mahal dan saat ini masih memproduksi sebesar 2.000 megawatt (MW).


Sumber Republika
akbar54 akbar54 is online now
National Level

Post: 1.507
 
Reputasi: 6

       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Kebijakan Harga Listrik Diminta Dievaluasi

biasa... namanya juga listerik. dari dulu kalo kesengat yg 220v pasti bikin utang jadi bengkak. kok? lah.. gak diseterum saja udah bengkak! tambah seterum malah meleduk ngejebeluk tu bisul ...
cxixixixi... peace! lagi mau bikin listerik tenaga asep-rokok nih.
n1ngs1h
n1ngs1h n1ngs1h is offline
Continent Level

Post: 3.574
 
Reputasi: 435






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Kebijakan Harga Listrik Diminta Dievaluasi

coba listrik negara sebagian dilepas ke swasta, kira kira gimana ? kalau menurut saya mungkin itu akan menajdikan iklim usaha menjadi lebih sehat, karena sekarang kan masih dikuasai oleh PLN,, dan PLN selalu merasa merugi dengan kondisi keuangannya, padahal semua yang pake listrik itu bayar, bahkan penerangan jalan pun beban listriknya sudah dibebankan ke masyarakat, tapi kenapa pln masih rugi saja ?
ibamfx
ibamfx ibamfx is offline
National Level

Post: 571
 
Reputasi: 11






Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Kebijakan Harga Listrik Diminta Dievaluasi

namanya juga perusahahaha an negaraaa.
gak mungkin perusahaaaan negara bilang untung!
(gak enak di ekor ntar dibilang perusaahahaan cuma buat kenyang perut sendiri. lalu ditanya mana pengabdian ke masyarakat umum? ya harus mau merugi lah!)
nah. ternyata baik kan negaramu!
negaraku selalu untung. maka rakyat berjubel ngantre pengen jadi pejabat/karyawan. akhirnya rakyat habis. terpaksa sekarang negara buka bisnis sama orang yupiter.
n1ngs1h
n1ngs1h n1ngs1h is offline
Continent Level

Post: 3.574
 
Reputasi: 435

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.