6 Penyebab Gagalnya Diterima Kerja Dalam Sebuah Perusahaan
 
Go Back   Home > Pengembangan Diri & Menjadi Lebih Baik

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

6 Penyebab Gagalnya Diterima Kerja Dalam Sebuah Perusahaan

6 Penyebab Gagalnya Diterima Kerja Dalam Sebuah Perusahaan
Mengikuti proses seleksi lamaran pekerjaan gak semuanya bisa diterima. Harus ada tahap-tahap seleksi yang harus kamu ikuti dari awal sampai akhir. Jika tahap per tahap berhasil berarti kamu bisa lanjut ketahap selanjutnya. Menuju keberhasilan dalam tahap seleksi melamar pekerjaan tidak mudah untuk dilewati. Adapun kendala-kendala yang kamu alami sehingga kamu gagal untuk diterima bekerja di sebuah perusahaan. Berikut penyebab gagalnya diterima kerja dalam sebuah perusahaan:

1. CV yang kurang menarik dan tidak relevan

CV merupakan hal terpenting saat pertama kali kamu ingin melamar pekerjaan ke suatu perusahaan yang kamu tunjukan. CV merupakan daftar riwayat hidup yang menjelaskan tentang dirimu mulai dari data pribadimu, riwayat pendidikan formal atau non formal, pengalaman bekerja / berorganisasi / pengalaman mengikuti suatu kegiatan, kemampuan yang kamu miliki, dan prestasi yang pernah kamu raih. CV yang kamu kirimkan akan dilihat apakah struktur pembuatan CVnya sudah benar atau belum, apakah ada sesuatu yang membuat CV menjadi terlihat lebih menarik bukan saja dari tampilannya tapi hal yang ditonjolkan, dan apakah CVnya relevan apa tidak dengan pekerjaan yang kamu lamarkan. Kadang kala yang malahan membuat kamu gagal untuk diterima kerja awalnya karena CV yang kamu buat itu bisa saja hardskillnya atau pengalaman kerjanya tidak relevan atau tidak sesuai dengan jenis pekerjaan yang kamu lamarkan ke perusahaan tersebut. Sebaiknya dalam pembuatan CV, buatlah CV yang relevan atau sesuai dengan pekerjaan yang kamu tunjukan serta buatlah dengan struktur yang rapi dan tampilan yang menarik.

2. Hasil psikotes tidak atau kurang sesuai dengan kriteria perusahaan

Sebelum memasuki tahap wawancara, kamu akan masuk pada tahap psikotes. Dari hasil psikostest ini, akan dilihat seberapa besar kemampuan yang kamu miliki dan aspek-aspek psikologis yang ada di dalam dirimu. Standar nilai yang diberikan ada yang sangat bagus, bagus, kurang bagus, dan juga sangat tidak bagus. Itu semua tergantung jawaban yang anda berikan. Pertanyaan yang harus dijawab berupa pilihan ganda. Ketika hasil psikotest keluar, perusahaan akan tahu bagaimana kemampuan yang kamu miliki dan bagaimana psikologi yang ada di dalam dirimu. Apakah kemampuan dan aspek psikologismu masuk atau tidaknya ke dalam kriteria yang ditentukan oleh perusahaan. Pasti ada yang hasilnya sebenarnya bagus tapi kurang sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh perusahaan.

3. Kesalahan saat menjawab pertanyaan wawancara

Tahap wawancara adalah tahap dimana si pewawancara ingin bertanya kepada kamu untuk mengenal kamu dan mendengarkan jawaban-jawaban yang kamu sampaikan. Tahap ini merupakan tahap yang tersulit bagi kamu karena kamu harus dapat memberikan jawaban-jawaban yang masuk dan mampu membuat si pewawancara merasa yakin terhadap kamu. Karena saking gugupnya atau bingung mau jawab apa, sehingga jawabanmu banyak yang ngaco. Jawaban-jawaban wawancara kerja yang membuat kamu gagal untuk diterima kerja misalnya itu kayaknya, tidak, mungkin, dan sepertinya. Ketika ada jawaban seperti itu, si pewawancara merasa ragu dan gak yakin untuk melanjutkan pertanyan selanjutnya, serta ragu dan gak yakin untuk menerima kamu sebagai karyawan di perusahaan tersebut. Hindarilah menjawab dengan kata-kata kayaknya, tidak, mungkin, dan sepertinya. Setiap diberikan pertanyaan, jawablah dengan tegas dan yakin. Yang paling parah ketika kamu ditanyai persoalan besaran gaji yang ingin kamu terima, kamu menjawab dengan langsung menyebutkan besarannya. Perlu diketahui, sebenarya itu tidak boleh kamu lakukan. Seharusnya adalah bilang aja sesuai dengan peraturan perusahaan. Jika kamu menyebutkan angkanya, belum tentu angka yang kamu sebut itu dapat dipenuhi oleh perusahaan tersebut.

4. Gagal test praktek untuk menguji kemampuan hardskill yang disyaratkan oleh perusahan (jika ada)

Kemampuan yang disyaratkan oleh perusahaan pasti kamu tuliskan di CVmu. Selain di CV, pihak penguji akan mengetes apakah kemampuan yang kamu tulis itu benar adanya apa asal-asalan. Biar terkesan bahwa kamu memiliki kemampuan yang sesuai dengan syarat yang diminta, ada yang main asal tulis di CV. Buat yang main asal tulis kemampuan di CV padahal gak sesuai dengan kenyataannya, ketika dites kemampuannya berupa testpraktek pasti gak akan bisa menjawabnya. Dengan demikianlah terbukti bahwa kemampuan yang kamu cantumkan di CV adalah rekayasa alias kebohongan. Kalau memang benar kamu gak mempunyai kemampuan yang disyaratkan ya jangan bohong-bohong dengan ngasal tulis di CV. Percuma berbohong, ujung-ujungnya pasti ketahuan juga. Lebih baik jujur dari pada berbohong.

5. Attitude saat proses seleksi kurang disukai

Attitude dalam bahasia indonesia yang berarti prilaku akan dilihat selama proses seleksi kerja. Bagaimanakah attitude yang kamu tunjukan ketika prores seleksi sedang berjalan? Apakah attitudemu itu baik sehingga banyak yang suka ataukah malah sebaliknya? Attitude bisa dilihat dari cara berbicaramu, kejujuranmu, kesopan santunanmu, dll. Dengan sesuka hati dan tanpa kamu sadari, ada saja attitude yang kurang baik yang tiba-tiba ke luar dari dalam dirimu seperti berbicara dengan tidak sopan, emosi, berpakaian kurang sopan dan rapi, dll sehingga attitudemu tidak disukai oleh orang di sekitar dan pihak seleksi kerja. Belum kerja aja udah kayak gitu kelakukannya, apalagi kalau udah kerja bisa lebih parah lagi.
Cari sekolah / perguruan tinggi di edumor.com!

6. Adanya kandidat yang lebih baik

Peserta seleksi kerja gak cuman ada satu orang saja untuk setiap posisi pekerjaan. Pasti ada banyak kok. Hasil proses seleksi kerja setiap kandidat semuanya berbeda-beda. Ada yang hasilnya sangat bagus, bagus, dan kurang bagus. Semua perusahaan memilih kandidat yang terbaik berdasarkan syarat dan kriteria yang ditentukan oleh perusahaan tersebut. Kandidat yang telah berhasil memenuhi syarat dan kriteria yang ditentukan serta lolos semua tes, dialah yang berhasil untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan tersebut. Bisa jadi kegagalan dalam proses seleksi karena adanya kandidat yang lebih baik dari kamu karena semua perusahaan itu mau yang terbaik demi kemajuan perusahaan yang dibangunnya.

Source From:https://www.edumor.com/blog/2017/03/...ah-perusahaan/

Ohh, ternyata ini loh yang menyebabkan gagalnya diterima kerja dalam sebuah perusahaan. Waduh, mesti berhati-hati banget nih!
Jangan lupa juga ya kalau kehabisan pulsa atau kuota, kamu bisa membelinya diwww.serbapay.com, dengan harga terbaik dong pastinya ^^
aieydha91 aieydha91 is offline
Village Level

Post: 46
 
Reputasi: 0

       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: 6 Penyebab Gagalnya Diterima Kerja Dalam Sebuah Perusahaan

makanya.. yg baik gak usah pake melamar.
buat/dirikan sendiri pt/cv/perusahahaha-an, otomatis jadi bossnya kan!
---
sekolah/kuliah nuntut ilmu yg tepat guna di masyarakat. lulus pake usaha sendiri kecil2 diawal. asal hasil kerjanya bagus.. gak perlu pasang iklan dimana2 dicari orang juga tenaga dan pikiranmu buat dituker duit..

- n1 -
jik suka menggeluti jualan "jimat-ajaib"
n1ngs1h
n1ngs1h n1ngs1h is offline
Continent Level

Post: 3.579
 
Reputasi: 435






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: 6 Penyebab Gagalnya Diterima Kerja Dalam Sebuah Perusahaan

yang paling berperan penting itu menurut ane penampakan CV dan tata krama disaat interview,,, CV itu akan berfungsi sebagai delegasi kita, kalau cv kurang menarik, itu artinya tidak akan dilirik, smeisal cv berhasil diiliri, maka selanjutnya adalah tata krama, sepintar apapun kalau nggak punya tata krama akan ditolak, tapi meskipun nilai pas pasan kalau tata krama bagus, akan di pertimbangkan,
ibamfx
ibamfx ibamfx is offline
National Level

Post: 575
 
Reputasi: 11

Reply
 


«
Filosofi Hidup | - »

(View-All Members who have read this thread : 4
aieydha91, ibamfx, msyahrul, n1ngs1h
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.