Manfaat kuning telur untuk kesehatan

prinawidia

New member
1. Kuning telur merupakan salah satu sumber alami vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang, gigi, dan otot, serta membantu penyerapan kalsium.

2. Kuning telur juga mengandung lutein yang menurut sebuah penelitian dipercaya dapat mencegah perkembangan penyakit jantung. Selain itu, jangan lupakan kandungan proteinnya. Protein dalam kuning telur bahkan berjumlah hampir setengah dari jumlah protein di dalam satu butir telur.

3. Yang lebih hebat lagi, kuning telur mengandung kolin yang dipercaya mampu mengurangi risiko cacat saraf pada janin seperti spina bifida.

4. Walau sebagian besar lemak telur tersimpan pada bagian kuningnya, sebagian lemak tersebut adalah lemak sehat omega-3. Pilihlah telur berlabel omega-3 yang baik untuk kinerja otak dan memori, membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, dan menurunkan risiko penyakit kronis seperti jantung, kanker, dan artritis.

5. Meskipun kuning telur memang memiliki banyak kolesterol, namun tidak selalu kolesterol itu buruk. Kolesterol sebenarnya juga berguna untuk beberapa fungsi penting dalam tubuh.

6. Selain nutrisi tadi, dalam satu butir telur juga mengandung cukup banyak vitamin A, vitamin E, asam folat, biotin, dan kolin. Sebagian besar vitamin tersebut tersimpan dalam kuning telur.
 
Wah biasanya dibuang karena lemaknya tinggi, tapi banyak juga manfaatnya ya
 
Back
Top