Snorkling di Pulau Kambing Tanjung Bira Tak Kalah Indah dengan Bunaken

cinta.dewi

New member
Bulukumba, Swamedium.com- Pulau Kambing merupakan sebuah pulau kecil yang bisa ditempuh dalam waktu 30 menit dari Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Entah kenapa dinamakan dengan nama Kambing, padahal bentuknya pun tidak menyerupai kambing. Juga tidak ditemukan satu ekor pun kambing disana.

Baiklah, kita mulai ceritanya. Rasanya rugi kalau ke Tanjung Bira hanya berhenti sampai di pantai Bira saja, ada banyak pulau-pulau cantik disekitar Tanjung Bira, seperti Pulau Kambing dan Pulau Liukang Leo. Dari Tanjung Bira kami menyeberang menuju pulau Kambing dan pulau Liukang, kami tidak ingin melewatkan pemandangan indah bawah laut yang menurut informasi pemandangan bawah laut di kedua pulau itu sangat cantik.

Dengan menggunakan boat yang kami sewa seharga Rp.500.000 kami memulai nya dari Pulau Kambing terlebih dahulu, karena lokasi pulau Kambing lebih jauh dibandingkan dengan pulau Liukang Ole. Hari ini cuaca sangat cerah, langit biru tampak bersih dan ombak pun sangat tenang. Mendekati pulau kambing air laut yang tadi nya biru gelap berubah menjadi warna hijau Torcoa, tampak sebening kaca, sehingga kami bisa melihat ikan-ikan yang berlari dan karang-karang dibawah sana, rasanya tidak sabar untuk snorkeling.

Setelah jangkar kapal di lepas, kami dipersilahkan untuk snorkling. Pemandangan bawah laut sangat indah. Gerombolan ikan – ikan kecil yang berlarian, terumbu karang , dan tumbuhan laut lain nya, sesekali ikan-ikan berukuran sedang ikut bermuculan.

Tekstur taman laut di pulau Kambing ini mengingatkan saya akan taman luat Bunaken dengan jurang nya yang curam. Pada dinding jurang tumbuh beranekan ragam tumbuhan laut yang indah yang di diami oleh ikan-ikan yang beraneka bentuk dan beraneka warna, betah rasanya berlama-lama memandang semua keindahan bawah laut ini, saya seperti menonton National Geography tayangan bawah laut dengan layar kaca yang maha luas.

Pulau Kambing ini sungguh istimewa, selain pemandangan bawah laut yang indah, tebing-tebing terjal pada dinding pulau membuat pulau ini tampak eksotik. Setelah lelah snokrling, kami berjalan menepi ke diding tebing untuk mengambil foto dan diam sejenak melihat keindahan pulau Kambing ini.

http://www.swamedium.com/2017/03/28...-tanjung-bira-tak-kalah-indah-dengan-bunaken/
 
Back
Top