Inilah Kegunaan Teknologi Plasma Dalam Industri Sepatu

whiteranger265

New member
AO-TEKNIK – Teknologi plasma merupakan salah satu teknologi yang terus berkembang. Sejalannya waktu semakin banyak kegunaan dan kelebihan dari teknologi plasma ini yang ditemukan oleh para peneliti dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan terutama di bidang industri. Termasuk industri sepatu.

Pada awalnya industri sepatu memanfaatkan teknologi plasma sebagai primer lem sepatu mengganti lem sepatu berbahan kimia. Tidak hanya untuk mengurangi penggunaan bahan kimia, menggunakan teknologi plasma sebagai primer lem sepatu juga memberikan keuntungan lain. Teknologi plasma berperan sebagai perekat dengan hasil yang lebih kuat dan baik dari primer lem sepatu. Juga tidak meninggalkan residu berbahaya sehingga menghasilkan produk yang lebih aman secara medis atau kesehatan.

Perkembangan teknologi plasma terbaru memungkinkan industri sepatu terutama sepatu olahraga dan sepatu dengan model kasual untuk menggunakan material baru yang selama ini tidak digunakan karena material ini tidak tahan air. Teknologi plasma dapat mengubah material menjadi tahan air atau hydrophobic tetapi tetap fleksibel, ringan dan breathability.
Plasma merupakan wujud benda keempat atau setingkat lebih tinggi dari gas maka ketika diimplementasikan ke permukaan material atau kain yang akan digunakan untuk memproduksi sepatu maka plasma akan menciptakan permukaan yang tahan air tetapi tidak mengubah sifat kain lainnya sehingga akan memberikan keuntungan kepada industri sepatu. Selain itu juga menciptakan effect paint teflon.

Industri sepatu yang mulai memanfaatkan kemampuan teknologi plasma ini adalah industri sepatu olahraga. Bukan rahasia kalau atlit atau olahragawan menginginkan sepatu yang tahan air dan kotoran tetapi tetap ringan dan fleksibel mengikuti gerakan kaki saat mereka berolahraga. Dengan teknologi ini bukan hal yang tidak mungkin untuk memenuhi keinginan para atlit dan olahragawan.

Tidak hanya dapat dimanfaatkan dalam bidang industri sepatu olahraga, kemampuan teknologi plasma ini juga dapat dimanfaatkan pada bidang industri sepatu anak karena sepatu anak anti air tentu akan membahagiakan orang tua manapun. Tidak berhenti sampai disitu, mengingat Indonesia beriklim tropis dengan intensitas hujan yang tinggi kemampuan mengubah material atau kain menjadi tahan air dapat diterapkan pada berbagai industri lainnya.
 
ni member sukanya posting sejenis isinya sama. gak ngulas teknologinya malah cerita buat nge"lem" sepatu.
dipakai tv pelasma juga bisa kok! kalo cuma buat ngelem pelastik yg cuil..(barang-kali)
mummetssss....
 
Back
Top