Info Penginapan dan Bersantai di Alun Alun Kidul Yogyakarta

SimplyLand

New member
Alun-Alun Kidul Yogyakarta

Alun-alun Kidul Yogyakarta dikenal dengan nama Alkid yang diyakini oleh warga setempat sebagai tempat istirahat ( palereman ) bagi para Dewa. Oleh karena itu alun-alun kidul sekarang ini banyak digunakan orang sebagai tempat ngademke ati atau menenangkan hati seseorang.

Pada zaman dulu, Alun-alun kidul yogyakarta ini banyak digunakan untuk acara-acara tertentu seperti latihan ketangkasan prajurit keraton, berbagai kegiatan latihan digelar berupa :

Rampok Macan : lomba adu harimau.
Setonan : ketangkasan dalam berkuda.
Manahan : lomba panah memanah dengan posisi duduk bersila.
Masangin : latihan konsentrasi dengan berjalan diantara dua pohon beringin (ringin kurung) yang berada di tengah Alun-alun kidul dengan mata tertutup.
Sekarang sudah tidak ada prajurit yang melakukan latihan ketangkasan di tempat tersebut. Area yang terbuka dan berfungsi sebagai ruang publik dan arena hiburan untuk masyarakat dari berbagai penjuru. Setiap hari, tempat ini sering didatangi oleh masyarakat dari berbagai usia.

Walau sudah berubah fungsi dari Alun-alun Kidul, setidaknya ada satu hal yang tidak pernah berubah yaitu tetap ini mampu menjadi tempat untuk menenangkan hati. Walau sekedar duduk-duduk menikmati suasana Alkid dan bercengkrama sambil menyaksikan aktivitas yang dilakukan orang di dalam Alun-alun Kidul.

Lokasi Alun-alun Kidul Yogyakarta

Alun-alun Kidul berada di sebelah Selatan atau belakang Keraton Yogyakarta. Berada pada Kecamatan Keraton Yogyakarta

Akses untuk menuju ke Alun-alun Kidul Yogyakarta

Alun-alun Kidul dapat dijangkau dari arah manapun karena berlokasi di belakang Keraton Yogyakarta yang berada di tengah kota Yogyakarta.

Dari Malioboro atau titik nol km : dapat ditempuh dalam waktu +15 menit menggunakan becak atau andong. Dalam perjalanan anda akan melewati bekas pasar burung Ngasem dan melewati istana air Tamansari.
Jika menggunakan kendaraan umum dapat memilih bus kota jalur 5, kemudian turun di Plengkung Gading kemudian dapat di lanjutkan dengan berjalan ke arah utara sekitar +5 menit dan sampai ke Alun-alun Kidul.


Fasilitas yang terdapat di Alun-alun Kidul antara lain :

Penyewaan penutup mata dengan membayar Rp.3.000,-
Penyewaan sepeda tandem dengan harga menyesuaikan
Becak mini tarif meyesuaikan harga bisa di nego
Penjual makanan dan minuman yang berada di seberang jalan Alun-alun Kidul


Penginapan Sekitar Alun-alun Kidul.

Anda dapat menginap di Guest House Jogja yang berlokasi di Jl. Mayjend Sutoyo, Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dengan fasilitas sebagai berikut:

3 Kamar tidur,
3 Kamar mandi,
AC,
Handuk & Toilet,
Perlengakapan sholat,
Ruang Tamu,
Ruang Keluarga,
Ruang Makan,
Dapur,
Breakfast,
Housekeeping 24 jam,
Adzan reminder,
Fasilitas Penjemput
Atau anda dapat melakukan booking online ke :
guesthouse.co.id



Guest House Indonesia / Penginapan Jogja / Homestay Jogja /Alun Alun Kidul Yogyakarta
 
Wah boleh juga nih kalau kapan kapan main ke jogjakarta
 
Back
Top