Nasi Liwet, Resep Makanan Indonesia yang Gurih Mengenyangkan

khadafi01

New member
resep%2Bolahan%2Bmakanan%2Bberbahan%2Bnasi%2BIndonesia%2Byang%2Bgurih.png

Salah satu makanan pokok di Indonesia adalah nasi. Bahkan ada ungkapan yang cukup khas dari masyarakat Indonesia bahwa “Meskipun sudah makan berbagai makanan, kalau belum makan nasi namanya belum makan”. Nasi sudah jadi makanan sehari-hari. Ada resep olahan makanan berbahan nasi Indonesia yang gurih dan mengenyangkan terbuat dari nasi. Jadi, bukan hanya dimasak biasa saja namun juga ada olahan nasi yang khas dengan citarasa gurihnya yaitu nasi liwet. Bedanya proses pemasakan nasi liwet dengan nasi biasa yaitu pada nasi liwet ditambah dengan beberapa bumbu dan rempah. Bumbu dan rempah inilah yang membuat nasi liwet begitu gurih. Maka jangan hanya makan nasi yang diolah dengan biasa saja. Sesekali buatlah nasi liwet di rumah. Variasi menu makanan di rumah akan membuat Anda dan keluarga tak pernah bosan. Selain khas dengan bumbu dan rempah yang ditambahkan saat proses pemasakannya, nasi liwet juga khas dengan berbagai lauk pauknya. Anda bisa memilih berbagai lauk pauk yang ingin Anda gunakan untuk menemani santap nasi liwet nan gurih dan mengenyangkan.

Jika Anda belum pernah membuat nasi liwet, maka mari kita belajar resep makanan Indonesia gurih mengenyangkan yang satu ini. Caranya sangat mudah, jadi Anda pun pasti bisa memasaknya. Apalagi saat ini ada rice cooker yang juga bisa Anda manfaatkan jika memang Anda tak punya waktu untuk memasaknya. Nasi liwet bisa dimasak di atas panci dan kompor maupun rice cooker. Jadi, siapkah Anda untuk memasak dan menyantap nasi yang istimewa ini? Mari kita lihat apa saja bahannya dan bagaimana cara membuatnya.

Bahan-bahan:
3 gelas beras
3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
2 batang serai
4 lembar daun salam
Minyak sayur secukupnya
Penyedap rasa Royco
Garam secukupnya
Air secukupnya

Cara membuat resep makanan Indonesia nasi liwet:

Cuci beras sampai bersih
Iris-iris bawang merah dan bawang putih, kemudian memarkan serai.
Tumis bawang putih, bawang merah, serai, daun salam, dan garam sampai harum aromanya.
Masukkan bumbu dan rempah yang telah di tumis ke dalam beras yang sudah di cuci.
Tambahkan air secukupnya kemudian aduk rata.
Masak beras yang sudah dicampur bumbu dan rempah sampai pulen. Jika Anda menggunakan rice cooker tentu mudah untuk mengetahui kapan nasi sudah matang.

Itulah resep makanan Indonesia yang gurih mengenyangkan yaitu nasi liwet. Untuk menyantap nasi liwet yang gurih ini, Anda bisa menggunakan orek tempe, telor dadar, ayam, perkedel, kacang goreng, bihun goreng, dan sebagainya. Pilih lauk kesukaan Anda. Selamat memasak dan menikmati nasi liwet nan gurih dan mengenyangkan.
 
Back
Top