Ini Sebabnya Kenapa Backsound Music Dalam Game Sangat Penting

sukijah

New member
Ini Sebabnya Kenapa Backsound Music Dalam Game Sangat Penting
Sumber:vfs.edu


Game dan musik itu bagian yang tidak bisa terpisahkan, keduanya saling melengkapi. Ya layaknya seperti film, film tanpa musik akan terlihat kosong, kaku dan menghilangkan keseruan. Begitu juga dengan game, sebuah game tanpa backsound music atau musik latar itu akan terlihat aneh. Bayangkan saja, saat kamu lagi main game horor tapi tidak ada musik latar sekalipun, pasti keseruan dan ketegangannya hilang kan.
Nah makanya Duniagames ingin berbagi sama kamu peranan penting apa saja sih yang dipegang oleh backsound music dalam sebuah game. Yuk kita lihat bareng-bareng.

1. Membangun Suasana


Sumber:pocketfullofapps.com


Ketika bermain game, perasaan kamu sering kali seperti tercampur aduk. Kamu bisa merasa sedih, senang, hingga tegang saat menghadapi musuh atau event tertentu di dalam game. Hal itu tidak lepas dari peran backsound music lho.
Grafis atau video yang kamu saksikan sebenarnya terlihat biasa saja tetapi ketika itu diimbangi dengan sebuah musik latar, maka grafis atau video tersebut menjadi lebih hidup dan berarti. Sehingga tanpa kamu sadari, kamu telah terbawa ke dalam alur cerita game tersebut.

2. Menghidupkan Karakter


Sumber:youtube.com


Setiap game pasti punya tokoh atau karakter dalam alur ceritanya. Baik itu tokoh utama ataupun hanya sekedar tokoh pelengkap saja, tokoh antagonis dan tokoh protagonis. Ketika para tokoh itu beraksi mereka biasanya memiliki musik latar sendiri-sendiri.
Nah musik latar yang membedakan tiap tokoh ini membuatnya menjadi lebih menonjol dan hidup. Si tokoh dapat terlihat mengagumkan atau justru menyebalkan, gamer pun lebih menjiwai game yang dia mainkan.

3. Buat Game Semakin Bernyawa


Sumber:polygon.com


Dalam sebuah game terdapat sebuah alur cerita dan tokoh utama yang kamu mainkan. Dua hal ini akan terlihat lebih bernyawa ketika disempurnakan dengan musik latar. Musik latar ini seperti pelengkap sekaligus menjadi pemanis dalam sebuah game. Dia yang membuat alur cerita dan tokoh menjadi hidup, sehingga gamer bisa terbawa suasana dalam game yang dimainkan. Tiap adegan dan event yang terjadi dalam game-nya akan menjadi lebih nyata lewat sentuhan musik latar.

4. Memperkuat Identitas si Game


Sumber: forbes.com


Game yang kita mainkan memiliki genre yang berbeda-beda. Genre tersebut memiliki arti penting sehubungan dengan musik latar. Karena dengan genre, sebuah game akan memiliki identitasnya tersendiri. Nah, backsound music atau musik latar ini hadir sebagai penguat identitas game yang dimainkan.
Coba kamu perhatikan, setiap game pasti memiliki musik khas sendiri-sendiri. Maka dari itu, dibutuhkan seorang music designer yang handal untuk membuat musik latar orisinil sesuai dengan gamenya.

5. Membangkitkan Emosi


Sumber:trueachievements.com


Naik-turunnya emosi kita ketika memainkan sebuah game ternyata ikut dipengaruhi oleh musik latar dalam game tersebut. Coba dengar, ketika adegan game sedang menegangkan, musiknya pun akan terasa mencekam. Ketika adegan game sedang memperlihatkan kesedihan, musiknya pun dibuat pelan dan sendu membuat kita sebagai gamer seakan "dipaksa" masuk merasakan suasana yang ada di dalam game. Pada akhirnya musik latar membuat emosi kita selaras dengan emosi karakter yang kita mainkan di game.
Itu dia beberapa alasan kenapa backsound music atau musik latar menjadi sangat penting dalam sebuah game guys. Asal kamu kamu tahu seorang music composer dalam game itu penghasilannya mencapai puluhan ribu dollar, dan dibayar per menit sesuai lagu yang mereka buat lho. Gimana, tertarik jadi pembuat backsound music di game?
https://www.upstation.id/2017/04/15/ini-sebabnya-kenapa-backsound-music-dalam-game-sangat-penting/
 
Back
Top