Pemerintah Bubarkan Hizbut Tahir Indonesia (HTI)
 
Go Back   Home > Politik, Ekonomi & Hukum

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Pemerintah Bubarkan Hizbut Tahir Indonesia (HTI)

Pemerintah Bubarkan HTI, Fahri Hamzah: Itu Berlebihan

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menganggap langkah pemerintah membubarkan Hizbut Tahir Indonesia (HTI) adalah langkah yang berlebihan. Dia mengingatkan pembubaran harus dilakukan lewat proses pengadilan.

"Menggugat pembubaran ya bisa saja. Kan pemerintah bisa melakukan pembubaran tapi nggak boleh dilakukan tanpa proses pengadilan. Ya, silakan saja nanti HTI akan mempersiapkan gugatan sekaligus juga nanti ada gugatan ganti rugi, kan," ujar Fahri di gedung DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (8/5/2017).

Fahri mengatakan seharusnya pemerintah bersikap lebih tenang. Fahri sendiri mengaku kerap kali berdebat dengan HTI karena pemikiran yang berlawanan.

"Pemerintah itu tenang saja, dia harus membuat diskusi publik tentang yang ada. Saya sendiri punya perbedaan pendapat dengan HTI. Biarkanlah itu menjadi perdebatan dan bagian dari dinamika masyarakat," kata Fahri.

"Menurut saya, berlebihan (sikap pemerintah). Kalau ada itu, biarlah menjadi dinamika tarik-menarik di antara masyarakat," lanjutnya.

Dia mengatakan pemikiran ormas HTI hanya khayalan semata. Menurutnya, di Indonesia semua mempunyai hak untuk berkhayal.

"HTI itu hanya mengkhayal dengan pikirannya. Tidak ada yang mengkhawatirkan, sama dengan orang yang punya pikiran bahwa suatu hari ada pandangan yang mengatakan Indonesia mau menjadi negara komunis. Menurut saya sih itu mengkhayal, itu sebenarnya perbedaan berpikir saja," jelas Fahri.

Diberitakan sebelumnya, Menko Polhukam Wiranto mengatakan akan membubarkan ormas HTI. Ormas itu dibubarkan karena dianggap membahayakan NKRI.

"Sebagai ormas berbadan hukum, HTI tidak melaksanakan peran positif untuk mengambil bagian dalam proses pembangunan guna mencapai tujuan nasional," kata Wiranto dalam konferensi pers di kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Senin (8/5/2017).

sumber
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 65.570
 
Reputasi: 1565

       





Reply With Quote     #2   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Pemerintah Bubarkan Hizbut Tahir Indonesia (HTI)

Dibubarkan, Begini Perjalanan Hizbut Tahrir di Indonesia



Pemerintah resmi membubarkan ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Menko Polhukam Wiranto mengatakan upaya hukum untuk membubarkan HTI dilakukan untuk menjaga NKRI.

Hizbut Tahrir berdiri pada 1953 di Palestina. Mereka menyebut organisasi sebagai partai politik berideologi Islam. Keberadaan HTI di Indonesia sendiri tercatat sudah ada sejak 1980-an.

Mengutip situs HTI, Hizbut Tahrir ada di negara-negara lain di dunia, seperti Mesir, Libya, Sudan, Turki, Inggris, Prancis, Jerman, lalu merambah ke Indonesia lewat dakwah pada 1980-an. Saat itu HTI banyak melakukan dakwah di kampus-kampus besar yang ada di Indonesia.

Kemudian pada 1990-an, HTI memperluas kegiatan ke masyarakat melalui kegiatan dakwah di masjid, perkantoran, perusahaan, hingga perumahan. Sebagai partai politik, HTI mengatakan politik sebagai bagian dari kegiatan mereka dengan Islam sebagai ideologi.

Hizbut Tahrir memiliki tujuan melanjutkan kehidupan Islam dan menyebarluaskan dakwah Islam ke seluruh penjuru dunia. Seluruh kegiatan kehidupan diatur sesuai dengan hukum-hukum syara'. Hizbut Tahrir juga memiliki misi membangkitkan kembali umat Islam dengan kebangkitan yang benar.

Keberadaan Hizbut Tahrir juga berusaha mengembalikan kejayaan dan keemasan umat Islam seperti masa lampau. Kejayaan itu dengan mengambil alih kendali negara dan bangsa di dunia.

Mereka berusaha agar akidah Islam dapat menjadi dasar negara, dasar konstitusi, dan undang-undang.

Ada tiga tahapan metode perjalanan dakwah Hizbut Tahrir, yakni tahap pembinaan dan pengkaderan, tahap berinteraksi dengan umat, serta tahap penerimaan kekuasaan. Untuk perekrutan keanggotaan, organisasi yang didirikan oleh Syekh Taqiyuddin an-Nabhani ini menerima setiap orang Islam, baik laki-laki maupun wanita. Tanpa melihat apakah keturunan Arab atau bukan.

Kini pemerintah memutuskan membubarkan HTI karena dianggap membahayakan NKRI. Menko Polhukam Wiranto mengatakan kegiatan yang dilaksanakan HTI terindikasi kuat telah bertentangan dengan tujuan, asas, serta ciri dalam Pancasila dan UUD 1945.

"Aktivitas yang dilakukan nyata-nyata telah menimbulkan benturan di masyarakat yang dapat mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat serta membahayakan keutuhan NKRI," ujar Wiranto dalam konferensi pers di kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Senin (8/5/2017).

sumber
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 65.570
 
Reputasi: 1565






Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Pemerintah Bubarkan Hizbut Tahir Indonesia (HTI)

Ketum PBNU: Terima Kasih Pemerintah Bubarkan HTI



Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj mengapresiasi langkah pemerintah yang membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Pemerintah dinilai mengambil langkah tepat dengan membubarkan ormas yang merongrong keutuhan NKRI.

"Itu merupakan kebijakan yang sangat tepat. PBNU mengapresiasi dan mendukung apa yang dilakukan pemerintah," demikian dikutip detikcom dari situs resmi nu.or.id, Senin (8/5/2017).

HTI dipandang sebagai organisasi yang bertentangan dengan NKRI. Kiai Said menuturkan semua organisasi yang berusaha mengganti Pancasila harus dibubarkan.

"Pemerintah sudah membubarkan HTI, saya mengucapkan terima kasih, mendukung, respek," urainya.

Setelah HTI resmi dibubarkan, Kiai Said menuturkan, yang perlu dipikirkan adalah bagaimana membina simpatisan HTI agar tidak menjadi radikal.

"Bagaimana mengelola mantan-mantan aktivis HTI itu supaya tidak menjadi liar," terangnya.

"Harus melalui pendekatan dan diberi pencerahan tentang apa itu NKRI, mengapa menjadi negara nation-state, bukan negara Islam atau negara suku. Kita tinggal menerima dari leluhur kita, tinggal kita isi dengan semangat membangun," ucapnya.

Dia pun berharap pemerintah bertindak tegas seperti ini. NU menegaskan akan terus mendukung pemerintah yang sah.

"Jangan sampai Indonesia terpecah seperti Soviet, Yugoslavia, Afganistan, atau negara-negara Arab lainnya. Indonesia akan tetap utuh," tutupnya.

sumber
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 65.570
 
Reputasi: 1565






Reply With Quote     #4   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Pemerintah Bubarkan Hizbut Tahir Indonesia (HTI)

Dibubarkan, Begini Perjalanan Hizbut Tahrir di Indonesia

Pemerintah resmi membubarkan ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Menko Polhukam Wiranto mengatakan upaya hukum untuk membubarkan HTI dilakukan untuk menjaga NKRI.

Hizbut Tahrir berdiri pada 1953 di Palestina. Mereka menyebut organisasi sebagai partai politik berideologi Islam. Keberadaan HTI di Indonesia sendiri tercatat sudah ada sejak 1980-an.

Mengutip situs HTI, Hizbut Tahrir ada di negara-negara lain di dunia, seperti Mesir, Libya, Sudan, Turki, Inggris, Prancis, Jerman, lalu merambah ke Indonesia lewat dakwah pada 1980-an. Saat itu HTI banyak melakukan dakwah di kampus-kampus besar yang ada di Indonesia.

Kemudian pada 1990-an, HTI memperluas kegiatan ke masyarakat melalui kegiatan dakwah di masjid, perkantoran, perusahaan, hingga perumahan. Sebagai partai politik, HTI mengatakan politik sebagai bagian dari kegiatan mereka dengan Islam sebagai ideologi.

Hizbut Tahrir memiliki tujuan melanjutkan kehidupan Islam dan menyebarluaskan dakwah Islam ke seluruh penjuru dunia. Seluruh kegiatan kehidupan diatur sesuai dengan hukum-hukum syara'. Hizbut Tahrir juga memiliki misi membangkitkan kembali umat Islam dengan kebangkitan yang benar.

Keberadaan Hizbut Tahrir juga berusaha mengembalikan kejayaan dan keemasan umat Islam seperti masa lampau. Kejayaan itu dengan mengambil alih kendali negara dan bangsa di dunia.

Mereka berusaha agar akidah Islam dapat menjadi dasar negara, dasar konstitusi, dan undang-undang.

Ada tiga tahapan metode perjalanan dakwah Hizbut Tahrir, yakni tahap pembinaan dan pengkaderan, tahap berinteraksi dengan umat, serta tahap penerimaan kekuasaan. Untuk perekrutan keanggotaan, organisasi yang didirikan oleh Syekh Taqiyuddin an-Nabhani ini menerima setiap orang Islam, baik laki-laki maupun wanita. Tanpa melihat apakah keturunan Arab atau bukan.

Kini pemerintah memutuskan membubarkan HTI karena dianggap membahayakan NKRI. Menko Polhukam Wiranto mengatakan kegiatan yang dilaksanakan HTI terindikasi kuat telah bertentangan dengan tujuan, asas, serta ciri dalam Pancasila dan UUD 1945.

"Aktivitas yang dilakukan nyata-nyata telah menimbulkan benturan di masyarakat yang dapat mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat serta membahayakan keutuhan NKRI," ujar Wiranto dalam konferensi pers di kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Senin (8/5/2017).

sumber
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 65.570
 
Reputasi: 1565






Reply With Quote     #5   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Pemerintah Bubarkan Hizbut Tahir Indonesia (HTI)

Kapolri: Banyak Masyarakat Menolak HTI dan Sistem Khilafah



Kapolri Jenderal Tito Karnavian angkat bicara mengenai keputusan pemerintah untuk membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Menurut Tito, HTI juga banyak ditolak oleh masyarakat.

"Terjadi benturan dari masyarakat karena bertentangan dengan UUD, banyak sekali masyarakat yang menolak keberadaan HTI terutama prinsip-prinsip yang dianggap bertentangan dengan prinsip Pancasila dan UUD 1945 seperti sistem Khilafah dan lain-lain," ujar Tito di RS Polri, Kramatjati, Jakarta Timur, Senin (8/5/2017).

Tito mengatakan aktivitas HTI membahayakan keutuhan NKRI. Persatuan dan kesatuan bangsa juga terancam.

"Karena ada sejumlah oramas yang terindikasi itu tidak sesuai dengan UU tentang keormasan," kata Tito.

Terkait dengan pembubaran HTI, Tito mengatakan Polri memberikan masukan kepada pemerintah.

"Sedangkan kejaksaan akan melakukan gugatan ke pengadilan," ujar Tito.

sumber
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 65.570
 
Reputasi: 1565






Reply With Quote     #6   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Pemerintah Bubarkan Hizbut Tahir Indonesia (HTI)

Ketua Komisi III DPR Dukung Pemerintah Bubarkan HTI



Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung langkah pemerintah membubarkan ormas Hizbut Tahir Indonesia (HTI). Menurutnya, tidak boleh ada satu pun organisasi di Indonesia yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila.

"Kami tentu mendukung keputusan pemerintah sejauh langkah tersebut memiliki argumentasi dan alasan yang kuat serta dasar hukum yang jelas sebagaimana diatur dalam UU. Kami sepakat tidak boleh ada satu pun organisasi atau badan di Indonesia ini yang bertentangan dengan Pancasila, apalagi tidak mengakui Pancasila," ujar Bamsoet melalui pesan singkat, Senin (8/5/2017).

Menurut politikus Golkar ini, kehadiran organisasi yang bertentangan dengan nilai Pancasila dapat mengganggu ketertiban umum. Bamsoet berpesan kepada pemerintah untuk meminta penetapan pengadilan supaya memiliki hak gugat (legal standing) yang kuat.

"Bangsa ini butuh ketenangan dan ketertiban sebagaimana diatur dalam UU. Apalagi kalau organisasi atau badan tersebut mengancam NKRI dan mengganggu ketertiban umum. Selanjutnya pemerintah agar segera meminta penetapan pengadilan agar legal standing-nya jelas," kata Bamsoet.

Sebagaimana diketahui, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menyatakan pemerintah mengambil langkah pembubaran HTI. Ormas itu dibubarkan karena dianggap membahayakan NKRI.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan pengambilan keputusan untuk membubarkan HTI sudah melalui sejumlah rapat. Keputusan pembubaran itu tak mendadak.

"Rapat sudah berkali-kali, rapat dengan Polhukam, diundang Pak Wiranto lebih dari enam kali kita," kata Tjahjo saat ditemui seusai konferensi pers di kantor Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (8/5).

sumber
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 65.570
 
Reputasi: 1565






Reply With Quote     #7   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Pemerintah Bubarkan Hizbut Tahir Indonesia (HTI)

Dianggap Bahayakan NKRI, HTI: Kami Solusi Untuk Negeri Ini



Pemerintah menilai aktivitas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) menimbulkan benturan dan membahayakan Negera Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Juru bicara HTI Ismail Yusanto mengatakan kegiatan HTI hanya sebatas kelompok dakwah.

"Kami sampaikan bahwa kami adalah kelompok dakwah yang bergerak di negeri ini. Yang kami yakini sebagai solusi permasalahan yang tengah dihadapi oleh negeri ini. Kita tahu negara kita ini menghadapi masalah," ucap Ismail di Kantor Pusat HTI, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (8/5/2017).

Dia juga menyebut permasalah yang dialami Indonesia sangat komplek mulai kemiskinan, korupsi hingga masalah moral. Karena itu HTI yang mayoritas anggotanya anak muda terdorong untuk memberikan solusi terhadap pemasalahan tersebut.

"Sebagai anak bangsa yang digerakkan oleh para pemuda terdorong untuk mengambil peran menyelamatkan negeri ini. Di dalam membawa negeri ini ke dalam melalui jalan dakwah dakwah yang dilakukan oleh HTI adalah bentuk tanggung jawab kami atas masa depan negeri ini," ucapnya.

Sebelumnya Pemerintah memutuskan membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Menkopolhukam Wiranto menyatakan HTI membahayakan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Aktivitas yang dilakukan nyata-nyata telah menimbulkan benturan di masyarakat yang dapat mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat, serta membahayakan keutuhan NKRI," ujar Wiranto dalam konferensi pers di kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Senin (8/5).

sumber
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 65.570
 
Reputasi: 1565






Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: Pemerintah Bubarkan Hizbut Tahir Indonesia (HTI)

jika memang ini sudah keputusan pemerintah, maka pemerintah pun cara ekskusinya harus hati hati, nggak bisa langsung main kasar, karena ini merupakan ranah yang sensitif, nanti dikhawatirkan akan terjadi gesekan gesekan, kan kita sudah tau sendiri, bagaimana setiap organisasi itu terlah mencuci otak anggotanya untuk menjadi sangat loyal dengan organisasi,,
ibamfx
ibamfx ibamfx is offline
National Level

Post: 703
 
Reputasi: 16

spirit:





Reply With Quote     #9   Report Post  

Re: Pemerintah Bubarkan Hizbut Tahir Indonesia (HTI)

kamsudnya sih bagus!
nyelamatin rakyat biar gak pada miskin pa penyakitan. tapi caranya ngentasin yg kurang tepat.
yg bener gimana?
ya kalo tau dia rakyat atas, bagi2 blt lah ke yg miskin! pa modal buat gadang. dagang pa gadang ya?
kalo anggotanya banyak yg jadi dokter suruh rakyat yg sakit berobat geratis kerumahnya. lebih pas datengin kerumah sisakit.
(jalan kaki jauh, naik gojek ga ada duit)
tau masalah korupsi?
tangkap tangan lah... bantu kpk/aparat njalanin tugas.
(umat hti dilatih kebatinan tingkat tinggi/karomah? perkiraan kapan dimana siapa yg korupsi pasti tahu. tinggal tangkep tangan lah gak pake satserse segala)
selama ini belum denger aktivitas yg nungul punya nilai (nutut kaca-mataku) .. tau2 sudah digulung.
FPI sih lumayan.
Demo berani, nutup lokalisai psk pernah, bagi2 sembako kalo ada bencana katanya juga sering.
(hasil dari ngumpulin duit dermawan tapi, bukan dari duit organisasi)

- n1 -
lagi ngerengek ke yg punya "ilmu ajaib" jik belum dikasih.
mauku bisa ngerti siapa2 yg bakalan disorgakan pa yg dinerakakan eh malah dikasih ilmu "jualan-jimat"
tambah mumetttt.
n1ngs1h
n1ngs1h n1ngs1h is offline
Continent Level

Post: 3.834
 
Reputasi: 469

spirit:





Reply With Quote     #10   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Pemerintah Bubarkan Hizbut Tahir Indonesia (HTI)

Kutip:
Oleh ibamfx View Post
jika memang ini sudah keputusan pemerintah, maka pemerintah pun cara ekskusinya harus hati hati, nggak bisa langsung main kasar, karena ini merupakan ranah yang sensitif, nanti dikhawatirkan akan terjadi gesekan gesekan, kan kita sudah tau sendiri, bagaimana setiap organisasi itu terlah mencuci otak anggotanya untuk menjadi sangat loyal dengan organisasi,,
Kutip:
Oleh n1ngs1h View Post
kamsudnya sih bagus!
nyelamatin rakyat biar gak pada miskin pa penyakitan. tapi caranya ngentasin yg kurang tepat.
yg bener gimana?
ya kalo tau dia rakyat atas, bagi2 blt lah ke yg miskin! pa modal buat gadang. dagang pa gadang ya?
kalo anggotanya banyak yg jadi dokter suruh rakyat yg sakit berobat geratis kerumahnya. lebih pas datengin kerumah sisakit.
(jalan kaki jauh, naik gojek ga ada duit)
tau masalah korupsi?
tangkap tangan lah... bantu kpk/aparat njalanin tugas.
(umat hti dilatih kebatinan tingkat tinggi/karomah? perkiraan kapan dimana siapa yg korupsi pasti tahu. tinggal tangkep tangan lah gak pake satserse segala)
selama ini belum denger aktivitas yg nungul punya nilai (nutut kaca-mataku) .. tau2 sudah digulung.
FPI sih lumayan.
Demo berani, nutup lokalisai psk pernah, bagi2 sembako kalo ada bencana katanya juga sering.
(hasil dari ngumpulin duit dermawan tapi, bukan dari duit organisasi)

- n1 -
lagi ngerengek ke yg punya "ilmu ajaib" jik belum dikasih.
mauku bisa ngerti siapa2 yg bakalan disorgakan pa yg dinerakakan eh malah dikasih ilmu "jualan-jimat"
tambah mumetttt.
alasan pemerintah membubar HTI karena ideologinya yg bertentangan dengan pancasila, beda kasus dengan FPI

Hizb ut-Tahrir (bahasa Arab: حزب التحرير Ḥizb at-Taḥrīr; Partai Pembebasan) adalah organisasi politik internasional islami yang mendeskripsikan ideologi keislamannya, dan bertujuan untuk menegakkan Kekalifahan Islam atau negara Islam. Kalifah baru ini diharapkan menyatukan komunitas umat Islam dalam bentuk kesatuan (bukan federasi) superstate dari negara-negara kesatuan yang agamanya mayoritas islam, yang terbentang dari Maroko di Afrika Barat hingga Filipina Selatan di Asia Tenggara.
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 65.570
 
Reputasi: 1565

Reply
 


(View-All Members who have read this thread : 6
eceran01, ibamfx, Labour, n1ngs1h, sumoqq
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
30 Ribu Massa Hizbut Tahrir Indonesia Lakukan Aksi Demo di Bogor nurcahyo Politik, Ekonomi & Hukum 0


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.